detikHot

Spotlight

Set Penjara Tanpa Celah pada 'The Platform'

Minggu, 29 Mar 2020 21:02 WIB Devy Octaviany - detikHot
The Platform Foto: The Platform
Jakarta -

Sebuah penjara biasanya tak lepas dari jeruji dan pintu besi. Namun 'The Platform' membawa bangunan penjara tak biasa dengan ruang sel berlubang di tiap lantainya.

Maka di versi Spanyol-nya, film ini berjudul 'The Hole' atau sebuah lubang.

Dengan tampilan ruang tahanan yang berbeda ini, 'The Platform' pun membuat sendiri ruang demi ruang penjara yang ditampilkan di film.

"Penjara ini memang harus diciptakan. Butuh berbulan-bulan untuk memutuskan penjaranya harus seperti apa," ujar sutradara Galder Gaztelu-Urrutia.


Film ini menyewa arsitek untuk membuat imajinasi penjara dalam skrip menjadi kenyataan.

Untuk membuat seolah-olah penjara tersebut menjadi penjara yang sulit ditembus dan benar-benar kuat, struktur detailnya diperhatikan dari mulai semen dan proporsi yang sama di tiap ruangannya.

"Semuanya telah dipikirkan, seolah-olah itu adalah karya asli seorang arsitek atau insinyur. Kami membangunnya di paviliun milik Palang Merah di pelabuhan Bilbao, Spanyol. Kami membangunnya dua lantai dan kemudian diperpanjang secara tak terbatas dalam proses pasca produksi," ungkap Gaztelu-Urrutia.

Film ini tayang perdana di Toronto International Film Festival 2019 lalu. Di festival tersebut, 'The Platform' menang penghargaan People's Choice Award di kategori Midnight Madness. Sejak itu, film ini dilirik Netflix dan menuai kesepakatan tayang di seluruh dunia di layanan streaming ini.




Simak Video "Seru! Acara Pixy Steal the Spotlight Medan Dipadati Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com