Spotlight

Sweta Kartika, dari 'Nusantaranger' Kini Tulis Novel Grafis Horor

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 17 Mar 2020 16:10 WIB
Sweta Kartika
Foto: Sweta Kartika (Tia Agnes)
Jakarta -

Sweta Kartika dikenal sebagai salah satu komikus Tanah Air yang sukses mengglobal. Beragam genre komik pernah ditulisnya, salah satunya adalah komik superhero bak Power Ranger namun khas Indonesia.

Di awal 2020, Sweta Kartika membuat proyek karya yang berbeda. Giliran genre horor dirilisnya dalam bentuk novel grafis dan komik.

Komikus asal Kebumen itu menerbitkan dua karya yakni 'Journal of Terror Volume 2: Titisan' dan komik 'Kemala Volume 1'. Keduanya menarik perhatian pembaca sekaligus pembaca setia karya-karya Sweta.


Sweta Kartika menuturkan genre horor sudah menjadi daya tariknya sebelum dikenal sebagai komikus. Pada 2007, ia memiliki ketertarikan dengan genre tersebut namun masih bingung memulainya dari mana.

"Sebetulnya sejak awal menulis malah horor ya, kalau saya bikin karya harus yang bisa dikembangkan panjang. Itu semacam rumusnya yang saya pikir waktu itu," tuturnya ketika mengobrol dengan detikcom di M Bloc Space, belum lama ini.

"Kalau gak bisa panjang, saya nggak mungkin mengembangkan cerita horor dari sketsa-sketsa doang. Nggak ada brand-nya juga. Gimana caranya saya bikin harus panjang, dan baru ketemu rumusnya belakangan," sambung Sweta.

Sweta Kartika, dari 'Nusantaranger' Kini Tulis Novel Grafis HororFoto: Sweta Kartika (Tia Agnes)

Diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama - M&C!, karya-karyanya kembali diperbincangkan. Bahkan volume pertama 'Journal of Terror' sukses diadaptasi menjadi webseri.

Bagaimana ceritanya? Simak artikel berikutnya.



Simak Video "Pesona Menyilaukan THE BOYZ di MV 'The Stealer'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)