detikHot

Spotlight

Ria SW Ingin Buku 'Off the Record' Dibaca Seperti Nonton Vlog

Selasa, 07 Jan 2020 14:38 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Buku 'Off the Record' yang ditulis Ria Sukma Wijaya atau akrab disapa Ria SW sukses disukai para penggemar setianya. Ketika menggarap dua buku 'Off the Record', ia ingin fans membaca seperti menonton konten video yang ada di channel YouTube pribadinya.

"Ketika aku memutuskan bikin buku yang ada kaitan dengan YouTube, aku banyak brainstroming ke GPU. Aku nggak tahu penontonku tipe orang yang suka baca buku atau tidak," tutur Ria SW ketika mengobrol di kantor detikcom, belum lama ini.

Ria SW kembali melanjutkan, "Semua anak muda zaman sekarang memang suka nonton, tapi kan belum tentu suka baca buku juga."




Ia memikirkan cara agar penonton vlog-vlog kulinernya juga bisa menikmati hal yang sama ketika membaca buku. Ria SW pun berusaha untuk menghadirkan momen dan pengalaman tersebut untuk fansnya.

"Aku berusaha semaksimal mungkin, elemen-elemen yang ada di channel Youtube aku divisualisasikan ke dalam buku," katanya.

YouTuber sekaligus penulis buku 'Off the Record', Ria SWYouTuber sekaligus penulis buku 'Off the Record', Ria SW Foto: Asep Syaifullah/detikHOT


Pihak GPU dan Ria SW pun membuat banyak visualisasi yang berwarna dalam setiap halaman bukunya. Gaya bahasanya pun seperti cara Ria SW ngomong di vlog.

Proses di buku kedua pun diakuinya lebih mudah ketimbang 'Off the Record' pertama.



"Ketika mereka sudah kenal dunia pekerjaan aku yang mereka anggap hidup aku tuh fun dan enak banget, jalan-jalan, makan, kayaknya nggak ada kesulitannya. Di buku kedua, aku ingin memperlihatkan di balik kesenangannya aku, ada juga struggle-strugglenya yang lbh dalam, dark tapi tetap ringan," pungkasnya.

Simak artikel Spotlight Culture berikutnya ya.




Simak Video "Ria SW dan 'Off The Record' Keduanya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com