Pesan Terakhir Habibie Ada di Ujung Film 'Habibie & Ainun 3'

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 15 Des 2019 09:40 WIB
Foto: Instagram @b.jhabibie
Jakarta - Sebagai sutradara, Hanung Bramantyo kerap diajak bertukar pikiran dengan BJ Habibie selama menggarap film-film Presiden RI ke-3 tersebut. Ada kedekatan yang terjalin di antara Hanung dan Habibie.

Maka ketika bicara soal pesan terakhir apa yang didengar sang sutradara dari Habibie, Hanung tak menampik ia punya jawabannya.

Namun pesan tersebut tak ia simpan secara personal. Diungkapkan sutradara asal Yogyakarta ini, pesan tersebut ia selipkan di film 'Habibie & Ainun 3'.


"Saya nggak bisa ngomong apa pesannya karena nanti spoiler. Intinya pesan itu ada di akhir film dan ditulis sendiri oleh Eyang," ungkap Hanung kepada detikcom belum lama ini.

"Sejak editing film ini saya sudah bicara pada diri sendiri kalau film ini memang buat beliau. Kalimat yang ditulis Habibie itu sudah jadi tanda sebenarnya. Saya kalau ingat itu merinding sendiri," imbuh Hanung lagi.

'Habibie & Ainun 3' menjadi kisah tentang Ainun di masa muda. Cerita film tersebut bergulir tentang Ainun yang masih duduk di bangku SMA.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tiba di Museum TNI AU Yogya, Pesawat N250 Dirakit Ulang"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/mau)