detikHot

spotlight

'Habibie & Ainun 3' Jadi Pesan Terakhir BJ Habibie

Minggu, 15 Des 2019 08:40 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: imdb
Jakarta - Rumah produksi MD Pictures akan segera merilis bagian ketiga kisah hidup BJ Habibie di 'Habibie & Ainun 3'. Film ini menjadi pesan terakhir almarhum Habibie sebelum meninggal dunia.

Di usia senjanya, Habibie diketahui meminjamkan kisah hidupnya untuk difilmkan. Dari 'Habibie & Ainun', kemudian 'Rudy Habibie', hingga yang terakhir adalah film ini.

"Sejak kita syuting waktu itu di Patra, Kuningan (Jakarta Selatan), kami memang sudah mendengar Eyang sakit. Dari situ, interaksi kita dengan Eyang mulai kita batasi," ungkap Hanung Bramantyo saat berbincang dengan detikcom belum lama ini.


Saat itu syuting 'Habibie & Ainun 3' mulai berlangsung. Sakitnya Habibie dituturkan Hanung menjadi salah satu momen tak terduga saat produksi film ini dilakukan.

Ditambahkan Manoj Punjabi, sang produser, meski sakit, perhatian Habibie pada proses film ini tak pernah lepas.

"Film ini spesial menurut beliau. Kami minta approval dari skrip, lagu, sampai dua hari sebelum meninggal dia punya pesan dan kesan yang dalam," ungkap Manoj.


'Habibie & Ainun 3' dianggap Habibie melengkapi perjalanan tentang hidupnya di layar lebar.

"Dia bilang (ke saya), kamu sudah bikin 'Habibie & Ainun 1', lalu 'Rudy Habibie'. Sekarang film tentang Ainun, it's completed," kenang Manoj kepada Habibie yang meninggal dunia 11 September 2019.

[Gambas:Video 20detik]


'Habibie & Ainun 3' Jadi Pesan Terakhir BJ Habibie



Simak Video "Anak Ungkap Sisi Lain Almarhum BJ Habibie Lewat Film"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com