detikHot

Spotlight

Warisan Terakhir Hasmi Ada di 'Bangkitnya Ki Wilawuk'

Selasa, 12 Nov 2019 13:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Kesuksesan 'Gundala' dari Jagat Bumilangit memunculkan satu villain baru di akhir film. Sepeninggal Harya Suraminata atau akrab dikenal dengan Hasmi yang meninggal November 2016, ada satu villain jahat yang menjadi musuh abadi Gundala yang dikenalkan. Ia adalah Ki Wilawuk.

Ki Wilawuk muncul perdana dalam komik 'Dr Jaka dan Ki Wilawuk' (Prashida, 1975). Sepeninggal Hasmi, 'Bangkitnya Ki Wilawuk' yang terbit Oktober lalu menjadi warisan terakhir Hasmi meski belum selesai dibuat.

Komikus Fajar Sungging yang turut menggarap 'Bangkitnya Ki Wilawuk' menuturkan sejak tahun 2010, Hasmi mulai sibuk menulis naskah untuk sinetron dan teater.



"Kesibukannya membuat Om Hasmi sakit. Komik khusus yang dibuat Om Hasmi dengan santai ya Gundala, makanya saya usul untuk mengembangkan lagi Ki Wilawuk, menghidupkannya lagi," tutur putra Wid NS itu ketika mengobrol dengan detikcom.

Warisan Terakhir Hasmi Ada di 'Bangkitnya Ki Wilawuk'Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Ki Wilawuk merupakan tokoh antagonis yang punya ajian khusus tidak mudah mati. Anggota tubuhnya terpisah dan bisa menyatu kembali dengan beberapa persyaratan khusus.

Dikisahkan Ki Wilawuk hidup di masa Kerajaan Mataram atau saat masa Panembahan Senopati. Kala itu, ia bisa dikalahkan oleh Tumenggung Wiralaga.



Aji Pancasona-nya pun musnah setelah kulitnya terkena senjata Wiralaga bernama Logam Kelopak Naga sehingga dengan mudah dilumpuhkan. Agar Ki Wilawuk tidak bangkit lagi, kepala dan tubuhnya dipisahkan, dikubur di dua desa yang berbeda dan dijaga oleh keturunan dari Tumenggung Wiralaga.

Dalam komik strip 'Bangkitnya Ki Wilawuk', Dr Jaka yang keturunan Ki Wilawuk mencoba membangkitkannya. Kali ini spotlight culture detikcom akan membahas mengenai villain Ki Wilawuk dalam jagat Bumilangit!





Simak Video "Eksklusif! Mengenal Jagoan Tanah Air Lewat Jagat Bumilangit"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com