detikHot

spotlight

Jepretan Komikrukii Jadi Inspirasi Bikin Komik Strip

Rabu, 09 Okt 2019 19:12 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Komikrukii/ Istimewa Foto: Komikrukii/ Istimewa
Jakarta - Komikus Komikrukii kerap mengunggah komik strip yang menyentil kondisi sehari-hari masyarakat Indonesia termasuk soal antikorupsi. Ada juga karya-karya personal yang unik untuk ditelisik.

Sebelum aktif ngomik, pria bernama asli Tampan Destawan Subagyo menggemari bidang seni fotografi khususnya street foto. Hal tersebut diungkapkan kepada detikcom.

"Jadi, jauh sebelum ngomik, saya memang suka fotografi, khususnya street foto. Di situ saya belajar bagaimana peka sama lingkungan sekitar," ungkap Komikrukii.



Dari hasil jepretan Komikrukii, banyak karya yang menginspirasi dirinya untuk dibuatkan visual. Dia pun kerap mendengarkan cerita orang maupun mencari tahu isu yang sedang terjadi.

"Kenapa memilih komik setrip sebagai medium berkarya? Selain karena visual lebih mudah mencuri perhatian orang-orang, lewat komik saya bisa lebih bisa menyampaikan pesan secara kronologis dengan cara yang menyenangkan," lanjut pria yang pernah mengenyam pendidikan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Karya-karya bertemakan antikorupsi pun konsisten digambarkan Komikrukii dan diunggah ke media sosial pribadinya.

"Khusus korupsi, buat saya, segala permasalahan yang ada di negeri ini, semuanya bermuara di satu hal. korupsi. Dari tingkat pejabat sampai tingkat di sekitar kita. Budaya korupsi itu udah bener-bener mendarah daging di negeri ini. Buat saya hal itu ngeri loh," tukasnya.



[Gambas:Instagram]




Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com