Spotlight

Cara Unik Kisah Tanah Jawa 'Audisi' Para Lelembut untuk Cerita di Buku

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 01 Okt 2019 18:02 WIB
Cara Unik Kisah Tanah Jawa 'Audisi' Para Lelembut untuk Cerita di Buku Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Dua buku dari Kisah Tanah Jawa mengungkap alam metafisika dan jagat atau dunia para lelembut yang ada di Tanah Jawa. Untuk mengungkap berbagai makhluk tak kasat mata tersebut, tim Kisah Tanah Jawa punya cara jitu untuk menyeleksi.

Om Hao yang menjadi frontman dari Kisah Tanah Jawa menuturkan ia diminta oleh teman-teman satu timnya untuk melakukan 'audisi'. "Audisi nyebar, kayak pendaftaran online, yang lolos berapa. Nanti untuk cerita dan sketsa dalam buku," ungkap Om Hao ketika diwawancarai detikcom.

Nantinya ketika sudah bertemu dengan para talent atau makhluk tak kasat mata tersebut, Om Hao langsung memanggil mereka. Untuk memanggilnya pun, ia tak mempercayai para makhluk tersebut.



"Kami harus selektif dan teliti lagi, kalau dapat sampelnya keliru, nanti malah sejarah yang diselewengkan, mencari sumber yang terpercaya," cerita Om Hao.

Cara Unik Kisah Tanah Jawa 'Audisi' Para Lelembut untuk Cerita di BukuFoto: Asep Syaifullah/detikHOT


"Ada 5 sumber yang digabung jadi satu, yang paling relevan dan mendekati, cerita ini yang paling lama yah. Untuk gambar saya tethring ke ilustrator, karena akan tidak bisa secara mata batin, baru intuisi," lanjut Om Hao.

Untuk penulisan selain Bonaventura Genta yang pernah menulis cerita 'Keluarga Tak Kasat Mata', ada Mada Zidan yang menelisik ke persoalan sejarah.

"Dari bahasa sejarah ada Mas Mada dan ilmiahnya saya, akan ditambahkan kata-kata oleh Genta, termasuk Genta yang memilih gambar. Lalu jadi draf dan diserahkan ke editor penerbit," tukasnya.


Cara Unik Kisah Tanah Jawa 'Audisi' Para Lelembut untuk Cerita di Buku


Simak Video "Keliling Surabaya Bareng Om Hao 'Kisah Tanah Jawa' di Pulkam Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)