detikHot

Spotlight

Syarat Gusti Kanjeng Ratu, Ada di Bagian Depan Buku Kisah Tanah Jawa

Selasa, 01 Okt 2019 17:18 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Ada cerita menarik dari buku kedua Kisah Tanah Jawa yang berjudul 'Jagat Lelembut'. Di bagian depan ada kisah tentang Penguasa Gaib Pesisir Selatan yang memuat kisah tak kasat mata dari para penguasa tersebut.

Menurut salah satu tim Kisah Tanah Jawa, Om Hao, ada syarat dari Gusti Kanjeng Ratu Kenconosari yang menjadi pemimpin bangsa gaib di samudera. Yakni berada di bagian depan buku.

"Mintanya harus di buku paling depan, di sampul paling depan," ujar Om Hao, saat menyambangi kantor detikcom, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.



Gusti Kanjeng Ratu Kenconosari sebagai seorang ratu dari para lelembut di Tanah Jawa berada di bagian. "Kalau menurut yah, takarannya tidak seram, ya friendly yah," kata Om Hao.

Syarat Gusti Kanjeng Ratu, Ada di Bagian Depan Buku Kisah Tanah JawaFoto: Kisah Tanah Jawa/ Istimewa


Namun tak banyak yang mengetahui sosok tak kasat mata Gusti Kanjeng Ratu, masyarakat umum justru lebih familiar dengan Nyi Roro Kidul. Menurut Om Hao dan Bonaventura Genta, ada sosok penguasa lainnya yang berada di bawah Kanjeng Gusti Ratu.

Yakni Kanjeng Nyai Riyo Kidul yang merupakan pepatih dalem dan mengatur sesuatu yang berhubungan dengan urusan dalam negeri Karaton Pesisir Laut Selatan. "Istilahnya adalah Menteri Dalam Negeri, yang mengurusi urusan di dalam kerajaan," ujar Om Hao.



Kalau Kanjeng Nyai Roro Kidul adalah pepatih luar yang mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan kerajaan di luar Pesisir Laut Selatan. "Istilahnya seperti humas atau perdana menteri," lanjutnya lagi.

"Karena mengurusi yang di permukaan, makanya sering menampakkan di luar," timpal Genta.

Simak artikel berikutnya ya!
Photo Gallery
Halaman
1 Tampilkan Semua

(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com