detikHot

spotlight

Ada Ilustrasi Badarawuhi di Novel 'KKN di Desa Penari', Siapa Dia?

Selasa, 24 Sep 2019 10:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: dok. Bukune Foto: dok. Bukune
Jakarta - Cerita mengenai sosok tak kasat mata Badarawuhi menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam 'KKN Desa Penari'. Di versi novelnya ada dua ilustrasi yang menjadi interpretasi penerbit Bukune terhadap makhluk tak kasat mata tersebut.

Badarawuhi diceritakan sebagai Ratu Ular yang menjadi penguasa dari Desa Penari. Ia juga diceritakan sebagai salah satu pemilik sinden atau tempat mandi para penari di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diceritakan Simpleman dalam novel.

Editor Bukune, Muhammad Barkah Winata, menuturkan ada dua eksperimen sampul novel yang pernah diunggah ke akun media sosial penerbit. Dua ilustrasi dibuat oleh Ajon Anggara dan Alivion terinspirasi dari gaya komik masa dahulu.


Editor Penerbit Bukune, Muhammad Barkah WinataEditor Penerbit Bukune, Muhammad Barkah Winata Foto: Asep Syaifullah/detikHOT


"Eksperimen cover ke nuansa zaman dulu, kayak komik 'Siksa Neraka', pendekatannya ke situ dan ilustrasi kedua dibuat agak modern," tutur Barkah ketika mengobrol dengan detikcom di kantor, kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Dua gambar tersebut, lanjut Barkah, merupakan sajikan yang baru dan berbeda ketimbang buku-buku terbitan Bukune lainnya. Meski akhirnya Bukune merilis sampul dengan gaya lebih sederhana, namun nuansa ngeri sudah terlihat dalam novel 'KKN d Desa Penari'.

"Dua cover sebelumnya tetap kita masukkan, pertimbangan yang sekarang sih harus imple, hitam, tapi font tetap setia dengan versi aslinya. Tapi kita kasihs emacam mata penari di sini, hitamnya sih menggambarkan ketidakjelasan horor. Misteri akan terasa sekali ketika melihat sampulnya saja," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya ya!




Simak Video "Pertama Kali Main Film Horor, Calvin Jeremy Jaga Sikap"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com