detikHot

Spotlight

Gundala Ketemu Superman di Yogyakarta

Selasa, 27 Agu 2019 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Kolektor komik lawas Andy Wijaya mengoleksi ribuan judul buku komik lokal yang disimpan dan terdokumentasi dengan baik. Salah satu koleksi yang paling dikenang dan disukainya adalah komik 'Gundala Putra Petir' karya Hasmi.

Ketika detikHOT menyambangi markas Bumilangit di kawasan Ciputat Raya, beberapa waktu lalu, Andy sempat memperlihatkan koleksi komik 'Gundala'. Di salah satu rak penyimpanannya ada komik 'Gundala' bersama Superman, Batman, dan Robin di Yogyakarta.

Ya, komikus sekaligus pencipta 'Gundala', Hasmi, memang menyambungkan cerita antara jagoan lokal yang punya kekuatan petir itu dengan superhero DC.

"Ini komik kocak banget, dicetak ulang banyak sekali. Pak Hasmi memang pintar sekali menggarap 'Gundala'. Ya, memang di situ kelebihannya Pak Hasmi. 'Gundala' jadi laris manis," tutur Andy sembari menceritakan dengan bersemangat.



Dalam komik tersebut, ada monster dari negeri Pangeran Melar yang mabuk dan ke bumi. Monster tersebut tidak bisa dikalahkan oleh jagoan lokal dan superhero dunia.

Gundala Ketemu Superman di YogyakartaGundala Ketemu Superman di Yogyakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Padahal ada Godam, akhirnya Pangeran Melar tahu itu monster dari kerajaannya. Dia bilang, kita nyanyi aja dengan nyuling, eh monsternya sembuh," kata Andy.

Commercial General Manager, Bumilangit Entertainment Corpora, itu juga menjelaskan Superman Cs sengaja dihadirkan Hasmi dalam komik tersebut. "Superman ini lagi jalan-jalan ke Yogyakarta," tambahnya.



Kok bisa jalan-jalan ke Yogyakarta? Sambil berkelakar, Andy menjawabnya, "Kan Yogyakarta kota pariwisata. Bebas dong siapa yang mau jalan-jalan ke Yogya," ujarnya disertai tawa.

Menyambut penayangan film 'Gundala: Putra Petir', Bumilangit pun merestorasi edisi pertama dan kedua komik 'Gundala'. Dua judul cerita bergambar ('Gundala Putra Petir' dan 'Perhitungan di Planet Covox') dijadikan satu bundel dan diluncurkan di Bandung pada Juli lalu.





Simak Video "Triawan Munaf Sebut Jagat Sinema Bumilangit Bisa Seperti Marvel dan DC"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com