detikHot

spotlight

Tayangnya 'Bumi Manusia', Cara Keluarga Kenalkan Pram ke Generasi Milenial

Rabu, 07 Agu 2019 15:42 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Haykal/detikcom Foto: Haykal/detikcom
Jakarta - Keluarga Pramoedya Ananta Toer selalu membuka tangan kepada siapa pun yang ingin melakukan penelitian maupun mengobrol soal karya sastra. Sama halnya dengan dua film yang bakal tayang serentak pada 15 Agustus 2019.

Film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' bakal memuaskan dahaga Pramis (fans Pram) serta penikmat buku. Bahkan film ini diakui keluarga Pram sebagai salah satu cara mengenalkan sosok besar Pramoedya Ananta Toer kepada generasi milenial.

"Dua novel yang diadaptasi ke film adalah salah satu cara kami sekeluarga biar dikenal kembali oleh generasi Z dan milenial sekarang. Karena kan sudah ada gap yang luar biasa yah," ujar cucu Pram, Angga Okta ketika diwawancarai detikHOT di kediaman Jalan Multikarya II, Utan Kayu Utara, Jakarta Timur, belum lama ini.


Tayangnya 'Bumi Manusia', Cara Keluarga Kenalkan Pram ke Generasi MilenialTayangnya 'Bumi Manusia', Cara Keluarga Kenalkan Pram ke Generasi Milenial Foto: Dok. Falcon Pictures


Menurut Angga, karya-karya besar Pram dengan generasi Z yang serba gadget mungkin saja sudah tidak dikenal lagi. Lantaran hal tersebut, keluarga merasa tahun ini adalah momen yang pas untuk melepas 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' agar lebih jauh lagi.

"Salah satu tujuan kita mau dua novel difilmkan salah satunya ya itu. Biar gap seminimal-minimal mungkin itu tidak terlalu jauh ya," lanjut Angga.

Tujuan kedua adalah memang mengenalkan kembali sosok Pram. "Ketiga kami ingin biar generasi Z sekarang mau membaca karya-karya sastra lagi. Dari tahun 1970-an pelajaran sastra dihilangkan dari sekolah," ucapnya.

Simak artikel berikutnya!




Simak Video "Pemain 'Bumi Manusia' Sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed