detikHot

spotlight

'Gundala' Lakukan Syuting di Lebih dari 70 Lokasi di Jawa Barat

Kamis, 25 Jul 2019 13:30 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: dok Screenplay Films Foto: dok Screenplay Films
Jakarta - Bagi yang telah menonton trailer dari film 'Gundala', terdapat sejumlah adegan mulai dari demonstrasi massa, Sancaka (Abimana Aryasatya) tersambar petir, adegan di pabrik, hingga adegan Sancaka kecil (Muzaki Ramdhan) mengejar kereta yang ditumpangi Awang (Faris Fadjar).

Sejumlah adegan tersebut memiliki warna dan nuansa serupa. Tapi tahukah kalian kalau ternyata, adegan tersebut mengambil lokasi syuting yang sangat berbeda-beda.

Saking banyaknya, total lokasi pengambilan gambar mencapai sekitar 70 titik yang tersebar di Jabodetabek, Cilegon dan Purwakarta.

"Yang cukup challenging di sini, kami banyak sekali lokasi yang medannya agak ribet sebenernya. Di film ini ada 70 lokasi yang berbeda," ujar Hannah Al Rasyid yang berperan sebagai Cantika saat berkunjung ke kantor detikHOT.

'Gundala' Lakukan Syuting di Lebih dari 70 Lokasi di Jawa BaratFoto: Gundala (dok.Screenplay)



Abimana Aryasatya mengatakan, pengambilan gambar untuk film 'Gundala' tidak menggunakan studio. Semua diambil di lokasi asli. Itu yang menyebabkan ada banyak sekali titik pengambilan gambar yang disesuaikan dengan kebutuhan.

"Ada scene pasar, dalemnya (syuting) di Tangerang, luarnya di Bogor, jalan menuju pasarnya di Kota (kawasan Kota, Jakarta Barat). Rel keretanya di Kampung Bandan, tapi yang Sancaka kecil lari itu di Purwakarta. Pabrik di Daan Mogot ada dua, rooftop-nya di Pasar Baru," jelas Abi.

"Jadi satu scene bisa ada tiga atau empat lokasi," sambung Abimana lagi.

Lokasi syuting dari film itu dipilih agar dapat memenuhi kebutuhan film. Misalnya saat adegan Sancaka kecil berlari mengejar kereta yang ditumpangi Awang yang ada dalam trailer.

Purwakarta dipilih agar kereta yang dapat leluasa dijalankan karena pada lokasi lain, lalu lintas kereta terbilang padat.

'Gundala' Lakukan Syuting di Lebih dari 70 Lokasi di Jawa BaratFoto: dok Screenplay Films



Pengambilan gambar di Purwakarta itu sekaligus menjadi adegan yang paling berkesan bagi Muzaki Ramdhan.

"Aku syuting dari jam 8 malam sampai jam 4 pagi (keesokan harinya). Itu lumayan bolak-balik (lari mengejar kereta)," ceritanya.

Rupanya 'Gundala' sengaja dibuat untuk menjadi film kolosal. Tak hanya lokasi pengambilan gambar yang banyak, film ini juga melibatkan pemain dalam jumlah yang tak sedikit.

Bahkan Hannah Al Rasyid mengatakan ada lebih dari 1.000 orang yang terlibat sebagai aktor dan aktris film ini, baik sebagai pemeran utama, pendukung, maupun figuran.


"Sebenernya kan cukup banyak cast yang diumumkan, tapi ini film melibatkan banyak banget aktris dan aktor Indonesia, sampe 1800-an orang yang terlibat dalam film ini untuk aktingnya aja, jadi ini skala filmnya cukup besar, adegannya semua cukup epic," ujarnya.

'Gundala' merupakan adaptasi dari komik karya Harya Suraminata (Hasmi). Film garapan sutradara Joko Anwar tersebut akan tayang pada 29 Agustus 2019 di bioskop Tanah Air.






Simak Video "Film Gundala Libatkan 1800 Orang dan Syuting di 70 Lokasi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com