detikHot

spotlight

Pemenang Koko Cici 2019 Emban Tugas Jaga Keberagaman

Jumat, 12 Jul 2019 20:42 WIB Akfa Nasrulhak - detikHot
Foto: Koko Cici 2019 Foto: Koko Cici 2019
Jakarta -

Pencarian duta pariwisata, duta budaya Tionghoa, dan duta sosial di DKI Jakarta lewat ajang Koko Cici Jakarta kini telah usai. Pemenang Koko Cici Jakarta 2019 pun telah didapat setelah melewati rangkaian kegiatan karantina selama 14 hari sejak 28 Juni hingga 11 Juli 2019.

Bertempat di Nafiri Bay Ballroom Baywalk Mall, Jakarta Utara, Malam Final Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019 telah digelar oleh Ikatan Koko Cici Jakarta bersama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). Tahun ini, Koko Cici Jakarta mengangkat tema 'Colors of Jakarta: Preserving Diversity'.

Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta, Koko Lucky Frans mengatakan tema tersebut diangkat dengan harapan para generasi muda dapat turut aktif menjaga keberagaman dan melestarikan banyaknya potensi yang ada di Jakarta. Baik dalam bidang pariwisata, budaya maupun kehidupan sosial di DKI Jakarta.

"Melalui acara Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019 ini kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda mengenai sejarah dan makna dari setiap kebudayaan Tionghoa yang juga merupakan salah satu kebudayaan di Indonesia khususnya di Jakarta. Dengan tema tersebut, Koko Cici Jakarta sebagai duta budaya Tionghoa ingin membawa masyarakat untuk melihat bangsa Indonesia secara utuh sebagai bangsa yang kaya akan keberagaman budaya," ujar Lucky, dalam keterangan tertulis, Jumat (12/7/2019).

Lucky menjelaskan acara Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019 dihadiri oleh pemerintahan, duta besar, PSMTI, rekan-rekan duta pariwisata dan duta kampus, serta keluarga dan ratusan pendukung finalis Koko Cici Jakarta 2019. Acara dibuka dengan tarian barongsai dan tambur untuk menyambut para hadirin, kemudian dilanjutkan dengan nyanyian lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019, Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta, Ketua Ikatan Koko Cici Indonesia, Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Pusat, dan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi memberikan kata sambutan secara bergiliran.

Para hadirin disuguhkan dengan tarian pembuka serta Mars Koko Cici Jakarta 'Bersatu Untuk Negeri' oleh seluruh finalis Koko Cici Jakarta 2019. Setelah itu disuguhkan dengan pemutaran video pengenalan finalis serta kegiatan selama karantina. Acara dilanjutkan dengan penampilan fashion show dan sesi question & answer oleh para finalis.

Malam puncak Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019 juga dimeriahkan oleh Koci All Star yang merupakan gabungan talenta dari Koko Cici Jakarta lintas generasi tahun 2009 hingga 2018. Acara berlanjut dengan last walk dari pemenang Koko Cici Jakarta 2018 serta tayangan kegiatan yang telah dilakukan oleh Koko Cici Jakarta 2018 selama setahun menjabat hingga penobatan pemegang Koko Cici Jakarta 2019.

Menurut Lucky, proses seleksi Koko Cici Jakarta 2019 bukanlah hal yang mudah. Berbagai tahap dan proses penjurian telah dilakukan untuk mendapatkan 16 pasang Koko Cici Jakarta terbaik. Sebanyak sepuluh juri profesional dari berbagai bidang berbeda menilai para finalis pada Malam Final Pemilihan Koko Cici Jakarta 2019. Hingga terpilihlah Koko Jakarta 2019 yaitu Koko Andreas Lumampauw dan Cici Jakarta 2019 , Cici Sabrina Yules.

Kesepuluh juri tersebut adalah Sukarno (Juri Pemerintahan), Kumala Dewi (Juri Kebudayaan Tionghoa dan Bahasa Mandarin), Garvin, (Juri Psikologi), Mulya Dewi, (Juri Bahasa Asing), Antonius Rizky Krisnadi, (Juri Pariwisata), Donny de Keizer, (Juri Public Speaking), Surijaty Aminan, (Juri Organisasi) Ellen Theodora (Juri Ikatan Koko Cici Indonesia), Lucky Frans, (Juri Ikatan Koko Cici Jakarta) dan Teguh Prayetno, (Juri Kehormatan PSMTI).






Simak Video "Wah! Pesantren di Bandung Ini Punya Pelajaran Budaya Tionghoa"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com