detikHot

spotlight

Fakta Unik di Balik Kisah 'The Lion King'

Kamis, 11 Jul 2019 15:50 WIB Ollivia Pratiwi - detikHot
Foto: dok.Disney Foto: dok.Disney
Jakarta - Sudah dua dekade sejak penggemar menyaksikan pembukaan 'Circle of Life' untuk pertama kalinya, tidak ada yang bisa melupakan kesedihan ketika melihat Simba kehilangan Mufasa atau mengatakan 'Hakuna Matata' tanpa bernyanyi.

'The Lion King' mungkin film yang anda nikmati saat kecil dan ingin memperkenalkan film ini pada semua orang. Jadi wajar jika banyak penggemar yang sudah menonton film ini lebih dari sekali. Nah, berikut ini adalah setiap fakta menarik, gila dan aneh dari animasi klasik Disney; 'The Lion King'.

1. 'The Lion King' awalnya berjudul 'The King of the Jungle'. Namun, salah satu tim produksi menyadari bahwa singa tidak benar-benar tinggal di hutan dan Disney pun memutuskan untuk mengganti judulnya.

2. Dalam 'The Lion King', hyena digambarkan sebagai binatang yang jahat. Ahli biologi saat itu tidak senang. Seorang peneliti bahkan menuntut Disney karena pencemaran nama baik. Para peneliti tersebut tidak senang jika film tersebut mempengaruhi reputasi hyena.

3. 'The Lion King' merupakan salah satu animasi terpopuler dan ikonik dari Disney. Namun, saat itu animator-animator terbaik Disney di fokuskan memproduksi 'Pocahontas'. Sebab, elemen sejarah dalam animasi 'Pocahontas' diperkirakan akan lebih menarik perhatian penonton.


4. Dalam naskah yang belum direvisi dan masih berjudul 'King of the Jungle', plot tersebut mengelilingi pertarungan antara singa dan babon. Dengan Scar sebagai pemimpin pasukan babon.

5. Salah satu ciri khas Pumbaa yang tak terlupakan adalah caranya mengusap perut. Ternyata hal tersebut terinspirasi dari istri animator Tony Bancroft yang saat itu sedang hamil. Brancroft berpikir kebiasaan tersebut dapat membuat karakter Pumbaa lebih nyata dan manusiawi.

6. Duet Timon dan Pumbaa menyanyikan 'Hakuna Matata' sebenarnya bukan pilihan pertama. 'He's Got It All Worked Out' merupakan lagu yang seharusnya dinyanyikan Timon dan Pumbaa dalam upaya meyakinkan Simba untuk memakan serangga.

Setelah melakukan perjalanan ke Afrika, tim kreatif memikirkan kalimat yang lebih cocok. Yakni, 'Hakuna Matata'.

Fakta Unik di Balik Kisah 'The Lion King'Foto: The LIon King (imdb)



7. Dalam 'The Lion King' terdapat adegan terkenal dimana Scar menyanyikan 'Be Prepared' dan pasukan hyena berkumpul dalam formasi linier. Adegan tersebut ternyata terinspirasi dari gambar Adolf Hitler yang menonton prosesi Nazi.

8. ' Can You Feel the Love Tonight' awalnya direncanakan untuk menjadi duet komedi Timon dan Pumbaa. Namun, penulis lagu dan penyanyi Elton John menolak gagasan tersebut. Pada akhirnya lagu tersebut menjadi soundtrack untuk kisah cinta Simba dan Nala.

9. Demi mendapatkan kesan yang kejam dan menakutkan, Jeremy Irons; pengisi suara Scar versi animasi 'The Lion King', mengalami masalah tenggorokan. Saat rekaman untuk 'Be Prepared' suaranya habis sehingga Irons tak dapat menyelesaikan rekaman tersebut.

Jim Cummings, pengisi suara Ed si hyena akhirnya menggantikan posisi Irons dan berusaha meniru suaranya.

10. Pada naskah-naskah awal yang belum direvisi, terdapat lebih banyak karakter yang pada akhirnya dihapus. Karakter-karater tersebut adalah; adik laki-laki dan ayah Nala, saudara perempuan Sarabi, seekor ular sanca sahabat Scar dan seekor rubah bernama Bhati.

11. 'The Lion King' meraup pendapatan lebih dari $768 juta di seluruh dunia. Hal tersebut menjadikan 'The Lion King' sebagai film terlaris pada tahun 1994. Namun, di AS rating 'The Liong King' kalah dengan 'Forrest Gump'.


12. 'The Lion King' adalah film animasi Disney kedua yang memenangkan penghargaan di Golden Globe untuk Musikal dan Komedi Terbaik. 'Beauty and the Beast' adalah yang pertama. Setelah itu hanya 'Toy Story 2' yang berhasil menyabet penghargaan di Golden Globe.

13. Ketika di rilis di Jepang, 'The Lion King' harus berhadapan dengan kontroversi. Penonton menemukan kesamaan antara Simba dengan karakter serial TV animasi Jepang; 'Kimba the White Lion' yang dirilis pada tahun 1960an. Disney tentu saja menolak keras tuduhan tersebut.

14. Adegan dimana rusa kutub menyerbu di produksi dengan efek animasi komputer. Saat itu butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan adegan selama dua setengah menit.






Simak Video "''The Lion King'' Masih Perkasa di Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com