DetikHot

spotlight

Sastra Jepang hingga Manga Pengaruhi Karya Clarissa Goenawan

Selasa, 30 Okt 2018 16:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sastra Jepang hingga Manga Pengaruhi Karya Clarissa Goenawan Sastra Jepang hingga Manga Pengaruhi Karya Clarissa Goenawan Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Ubud - Penulis asal Singapura kelahiran Surabaya, Clarissa Goenawan punya penulis-penulis favorit yang mempengaruhinya dalam berkarya. Sederet karya sastra Jepang hingga manga berada dalam daftar bacaannya.

Diwawancara detikHOT di Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2018, Clarissa menuturkan novel-novel sastra Jepang kerap dibacanya sejak kecil. Di antaranya adalah Haruki Murakami, Banana Yoshimoto sampai Ryu Murakami.

"Kalau nggak sastra, ya aku baca karya-karya kriminal. Untuk manga, aku paling suka Death Note yang karakter antagonis dan protagonisnya nggak jelas. Aku juga suka Bakuman," kata Clarissa.


Sastra Jepang hingga Manga Pengaruhi Karya Clarissa GoenawanSastra Jepang hingga Manga Pengaruhi Karya Clarissa Goenawan Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Dari karya para penulis itulah yang mempengaruhi Clarissa dalam berkarya. Terlihat dalam novel 'Rainbirds', ceritanya penuh misteri dengan kasus pembunuhan, thriller, dan juga drama sebuah keluarga.

"Bacaan dari kecil memang suka dengan genre seperti itu, pasti akan begini. Terlihat kan, bacaanku seperti itu menghasilkan seperti novel (Rainbirds) ini," pungkasnya.

Novel perdananya 'Rainbirds' terbit di Indonesia sejak Maret lalu oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU). Dari novel itulah membawa karyanya menang Bath Novel Award 2015 silam dan sejumlah penghargaan lainnya.

Setelah terbit di AS dan Indonesia, novelnya bakal rilis dalam terjemahan 10 bahasa lainnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed