DetikHot

spotlight

Melukis Pemandangan Masa Lalu Jadi Andalan Bagaskara Maharastu

Selasa, 16 Okt 2018 13:57 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Melukis Pemandangan Masa Lalu Jadi Andalan Bagaskara Maharastu Foto: Bagaskara Maharastu (Tia Agnes/ detikHOT)
Jakarta - Seniman penyandang tunarungu Bagaskara Maharastu tengah mengenyam pendidikan seni rupa di ISI Yogyakarta. Masih di semester 3, dia pun belajar banyak hal dari kampusnya tersebut.

Sepanjang pembelajarannya, Bagaskara mencari ciri khas yang memiliki karakter.

"Saya mencari tahu ciri khas seperti apa yang ingin saya lukiskan," ujarnya ketika diwawancarai di Galeri Nasional Indonesia, belum lama.

Ide yang ditorehkan Bagaskara, lanjut dia, adalah pemandangan Indonesia di masa dahulu sebelum ada pembangunan. Ia pun membawa imajinasi ke dalam lukisannya.

"Saya berimajinasi bagaimana kalau sebelum ada gedung-gedung, seperti banyak rumah di lukisan 'Harmonisasi Prambanan'. Ketika belum ada gedung tinggi," lanjut pria yang meraih pemenang 30 karya terbaik di lomba lukis kaca tingkat SMK se-Yogyakarta pada 2015 lalu.

Di lukisan 'Harmonisasi Prambanan', dia melukiskan suasana Candi Prambanan yang dipenuhi oleh rumah penduduk, bukan gedung bertingkat seperti saat ini.

"Zaman dulunya kan seperti ini, sekarang sudah diganti menjadi tempat wisata. Karena saya suka melukiskan pemandangan tradisional dan hal-hal tradisi," pungkasnya.

(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed