DetikHot

spotlight

28 Tahun Hiroshi Senju Melukis Air Terjun

Selasa, 04 Sep 2018 18:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
28 Tahun Hiroshi Senju Melukis Air Terjun 28 Tahun Hiroshi Senju Melukis Air Terjun Foto: Hiroshi Senju/Istimewa
Jakarta - Pelukis Jepang yang kini tinggal dan berkarya di New York Hiroshi Senju eksis berkarier dengan melukis obyek air terjun. Ciri khas yang diabadikan dengan teknik tradisional Jepang itu telah dilakoni Senju selama 28 tahun lamanya.

Lebih dari dua dekade, lukisan-lukisan berskala monumentalnya bertransformasi. Ada yang ditutupi dengan lembaran air yang berjatuhan ke tepi bawahnya, ada yang tertutup kabut, dan seperti tak lekang oleh waktu.

Pecinta seni di seluruh dunia pun memuji karya-karya Senju. Dalam sebuah wawancara, seperti dilansir detikHOT, Senju mengaku jatuh cinta dengan keajaiban alam tersebut.



"Saya melihat air terjun sangat indah dan saya jatuh cinta pada pandangan pertama," tutur Senju.

Dia menambahkan, "Air terjun sangat atraktif, saya memulai dengan membuat sketsa yang seperti air jatuh. Lalu menggambar transformasi lainnya yang terus beraneka gambar."

Tiga tahun lalu karya-karyanya dipamerkan di Sundaram Tagore Gallery Singapura. Ia menghadirkan lukisan air terjun versi baru yang berjudul 'Day Falls/ Night Falls'. Pigmen fluorescent tersebut jika terkena cahaya siang hari akan tampak hitam-putih.

Namun ketiga berada dalam suasana kegelapan dan bermandikan cahaya UV, lukisannya menjadi hamparan air yang mengaliri biru dan ungu pekat.

"Ini adalah cara saya untuk mengakomodasi alam ke dalam lukisan saya," katanya lagi.

Baginya air terjun tak lagi dilihat seperti air terjun Niagara maupun air terjun Victoria. Ia merambah ke dalam bentuk lainnya yang memiliki kemampuan untuk membasmi malam dan membuatnya seperti seterang hari.



(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed