DetikHot

Spotlight

MES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di Yogyakarta

Selasa, 17 Jul 2018 14:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
MES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di Yogyakarta MES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di Yogyakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Yogyakarta - Ruang seni alternatif di kota-kota besar Indonesia tak hanya menjamur di Jakarta maupun Bandung saja. Di Akhir dekade 1990 sampai awal 2000-an, di Yogyakarta banyak bermunculan beragam ruang yang sampai kini tumbuh dan berkembang.

Ruang MES 56 adalah salah satunya. Berdiri sejak akhir 1990-an, ruang kolektif tempat belajar bersama fotografi itu resmi menjadi organisasi pada 2002 silam.

Terletak di Jalan Mangkuyudan No 53, Mantrijeron, kota Yogyakarta, Ruang MES 56 semakin mengukuhkan diri, berjejaring serta mempopulerkan seni fotografi serta video pada masyarakat.


MES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di YogyakartaMES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di Yogyakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Kita ini komunitas yang berasal dari mahasiswa seni fotografi ISI Yogyakarta yang punya ketertarikan dengan seni rupa," ujar salah seorang pendiri Wimo Ambala Bayang saat ditemui detikHOT, belum lama ini.

Waktu itu, Wimo menceritakan karya-karya yang ditampilkan eksperimental di antara skena fotografi yang indah.

"Praktik kami dianggap bukan fotografi karena menggunting-gunting negatif, ditoreh, dan lain-lain. Jadi nggal dianggap juga sementara di dunia seni rupa kami masih dianggap ingusan," cerita Wimo menjelaskan.

Sudah empat kali pindah lokasi, namun MES 56 tetap digandrungi para pecinta seni. Selain Wimo, para pendiri MES 56 terdiri dari Agung Nugroho Widhi, Akiq AW, Anang Saptoto, Angki Purbandono, Daniel Satria Koestoro, Dessy Sahara Angelina, Edwin Dolly Roseno, Eko Bhirowo, Jim Allen Abel, hingga Wok The Rock.

MES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di YogyakartaMES 56, Ruang Alternatif Belajar Fotografi di Yogyakarta Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Ruang yang disediakan ada studio, kamar gelap, kamar residensi, ruang pamer galeri, dan lain-lain. Jika Anda berkesempatan menyambanginya, suasana rindang pepohonan akan menambah suasana MES 56 sekaligus tempat tongkrongan tersebut.

Kali ini culture detikHOT akan membahas mengenai Ruang MES 56 dan kiprahnya di tengah masyarakat. Simak artikel berikutnya ya.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed