DetikHot

spotlight

Pulang dari SXSW 2018, Yahya Dwi Kurniawan Eksplorasi Medium Seni

Selasa, 15 Mei 2018 15:21 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pulang dari SXSW 2018, Yahya Dwi Kurniawan Eksplorasi Medium Seni Pulang dari SXSW 2018, Yahya Dwi Kurniawan Eksplorasi Medium Seni Foto: Instagram gengxenggol
Jakarta - Seniman pendatang baru asal Yogyakarta Yahya Dwi Kurniawan berhasil menang ajang Go Ahead Challenge 2017 kategori seni visual. Ia pun diundang untuk menyambangi Festival South by Southwest (SXSW) 2018 di Austin, Texas, pada Maret lalu.

Sepulangnya dari AS, Yahya kembali dengan eksplorasi teknik dan medium yang lebih beragam.

"Isunya tetap sama, tapi lebih ke eksplorasi medium. Gue masih mengangkat isu-isu urban dan lokal yang ada di sekitar. Metode gue sih yang ditingkatin lagi," ujar Yahya ketika mengobrol dengan detikHOT di Galeri Lorong Yogyakarta, belum lama ini.



Selama berada di SXSW 2018, Yahya mendapatkan banyak pengalaman, ilmu-ilmu baru, dan berbagi ide dalam berkarya kepada seniman-seniman yang ada di sana. Bahkan ia turut mengikuti kelas yang dijadwalkan.

Pulang dari SXSW 2018, Yahya Dwi Kurniawan Eksplorasi Medium SeniPulang dari SXSW 2018, Yahya Dwi Kurniawan Eksplorasi Medium Seni Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Di SXSW pula, Yahya bertemu dengan seniman idolanya. Salah satunya adalah Tara McPherson.

"Metode aku tuh terjun ke lapangan langsung, melihat dari jarak dekat, melihat underground yang seperti apa. Tidak bisa berada di kelas terus-terusan, makanya aku keluar. Tujuannya kan keluar dan mendapatkan inspirasi dari festival sana," lanjutnya.

Selain itu, ada lagi eksplorasi medium dan berkembangnya metode yang didapat Yahya. Simak artikel berikutnya ya.



(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed