DetikHot

Spotlight

Rudy Atjeh, Seniman Aceh yang Berkarya dengan Seni Potong Kertas

Selasa, 06 Mar 2018 13:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rudy Atjeh, Seniman Aceh yang Berkarya dengan Seni Potong Kertas Rudy Atjeh, Seniman Aceh yang Berkarya dengan Seni Potong Kertas Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Seni potong kertas atau dikenal dengan istilah paper cutting jadi salah satu teknik dalam seni rupa. Seniman asal Aceh yang kini tergabung dalam kolektif Ace House Collective eksis berkarier dengan paper cutting dan menciptakan karya seni instalasi berskala besar.

Karya-karyanya dipamerkan tak hanya di Jakarta saja namun juga melanglang buana ke berbagai kota di Indonesia. Siapakah Rudy Atjeh?

Pria kelahiran 15 Mei 1982 silam adalah lulusan jurusan Seni Grafis ISI Yogyakarta. Di awal dekade 2000, Rudy pindah tempat tinggal ke Yogyakarta serta mulai berkuliah.



Kertas menjadi medium baginya untuk berkarya sekaligus menyalurkan kebebasan "Latar belakangku itu seni grafis dan sangat berhubungan dengan kertas, walaupun secara teknis berbeda. Karena kalau grafis, banyak teknik yang digunakan," tuturnya ketika mengobrol dengan detikHOT di Edwin's Gallery, belum lama ini.

Biasanya kertas digunakan oleh seseorang sebagai media untuk menulis dan menggambar. Namun, Rudy punya cara lain yang lebih jitu.

"Ada satu keinginan atau tantangan untuk membuat kertas jadi beda," kata Rudy lagi.

Di seni grafis, kata Rudy, ada teknik silk screen namun saat terbersit keinginannya untuk mencoba full hand cutting, Rudy pun mulai mengeksplorasi.

"Kertas ini sudah dimulai sejak saya pindah dari Aceh ke Pulau Jawa dan mencoba hand cutting. Saya juga pernah memakai media melukis juga," tutupnya.

Kali ini spotlight culture detikHOT membahas mengenai profil dari Rudy Atjeh. Simak artikel berikutnya!


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed