detikHot

Spotlight

Perjalanan Fiersa Besari Keliling Indonesia 8 Bulan Berbuah Karya Buku

Selasa, 20 Feb 2018 15:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Perjalanan Fiersa Besari Keliling Indonesia 8 Bulan Berbuah Karya Buku Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Dari awal April 2013 lalu, penulis Fiersa Besari nekat keliling Indonesia dari kota asalnya di Bandung sampai Jayapura, tanah Papua. Hasil penjelajahannya berbuah karya buku yang terangkum dalam judul 'Konspirasi Alam Semesta', 'Catatan Juang', dan judul buku lainnya yang tengah digarapnya sekarang.

Dalam buku-bukunya tersebut, Fiersa menuliskan karakter bernama Juang yang merupakan jurnalis idealis yang diculik oleh kelompok separatis. Dalam bukunya, peristiwa Gunung Sinabung sampai gerakan separatis yang gencar-gencarnya.

"April 2013 saat album beres, saya langsung menyusuri Indonesia selama delapan bulan dan di daerah-daerah tertentu ada cerita yang tidak bisa didapat dari Google," tutur Fiersa ketika berbincang dengan detikHOT di Gedung Trans TV, kawasan Tendean, Jakarta, Senin (19/2/2018).



Perjalanan Fiersa Besari Keliling Indonesia 8 Bulan Berbuah Karya BukuPerjalanan Fiersa Besari Keliling Indonesia 8 Bulan Berbuah Karya Buku Foto: Mediakita


Misalnya saja, ketika mengunjungi Gunung Sinabung kala itu, lanjut Fiersa, dia sampai mengobrol dengan masyarakat sekitar. Atau ketika di Jayapura saat gerakan separatis kabarnya segera turun gunung dan warung-warung langsung tutup karena takut.

"Banyak hal yang membuat saya tertarik dan digali lebih dalam. Saya cari tahu juga peristiwa di belakangnya. Nah cerita Juang yang diculik kelompok separatis, saya tanya balik ke warga tinggal di sana, kalau diculik gimana, ternyata sesuai dengan plot fiksi yang saya tulis," terang Fiersa.

Meski begitu, karya-karya lainnya pun banyak terinspirasi dari cerita teman-temannya. Di balik tulisannya, Fiersa pun menyelipkan pesan realisme sosial seperti yang tertuang dalam buku Pramoedya Ananta Toer.

Seperti apa penuturannya? Simak artikel berikutnya ya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com