DetikHot

spotlight

Abenk Alter Ingin Angkat Isu-isu Sosial dan Agama dalam Lukisannya

Selasa, 12 Des 2017 15:53 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Abenk Alter Ingin Angkat Isu-isu Sosial dan Agama dalam Lukisannya Abenk Alter Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Abenk Alter kian mengukuhkan namanya sebagai seorang seniman visual. Selama ini, lukisan-lukisannya masih menceritakan pengalaman personal yang dialami maupun kesehariannya sebagai seorang musisi.

Dia mengaku kini visual-visualnya juga terpengaruh antara dunia metafisik dan fisik. Dia mengungkapkan berbagai isu sosial, agama, sampai Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi sangat krusial.

"Ini kok degradasi ya, agama digunakan. Buat gue permasalahan ini meresahkan, nggak ada kita mengangkat sesuatu untuk diparahkan. Ini kayak gue butuh kontribusi sesuatu tapi dengan cara gue," lanjut Abenk.


Beberapa seri yang menyinggung persoalan di atas, diakui Abenk ada beberapa yang sudah digarapnya di rumah. "Mungkin warnanya akan solid aja, tapi bisa jadi lebih gelap, lebih flat. Ya, masih berkembang sih," katanya.

Seiring jawaban mengenai konsep maupun metode berkarya yang semakin matang, Abenk seakan menemukan titik yang menjadi keresahannya. Keinginan untuk eksplorasi pun makin tubuh.

"Pingin pakai medium baru sih sudah pati. Dari awal gue nggak terlalu pikir soal teknik. Setelah mencari metode bisa dapat masukan dari kanan-kiri. Isu sosial dan agama ini sih yang buat gue gede banget isunya," tuturnya.

Simak artikel mengenai metamorfosa bagi lukisan-lukisan Abenk Alter!
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed