DetikHot

spotlight

Albenk Alter, dari Musik Beralih ke Seni Visual

Selasa, 12 Des 2017 10:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Albenk Alter, dari Musik Beralih ke Seni Visual Albenk Alter, dari Musik Beralih ke Seni Visual Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Lama berkecimpung di dunia musik lewat Soulvibe, Abenk Alter memutuskan keluar dari grup musik yang membesarkan namanya pada 2014 lalu. Pria yang bernama lengkap Rizki Rizaldi Ranadireksa kini makin mengukuhkan kiprahnya di ranah seni visual.

Sejak akhir 2016, Abenk mencoba peruntungannya dengan menjadi seniman visual. Beberapa kali, suami dari Andra Alodita ini mengikuti beragam pameran kolektif. Baru-baru ini, Abenk Alter bersama Glenda Sutardy dan Mark Schdroski menggelar eksibisi 'Place of Belonging' di RUCI Art Space yang dibuka pada Jumat (8/12).

Di sela-sela persiapan pembukaan pamerannya pekan lalu, Abenk menceritakan mengenai transisi dirinya dari musik ke seni visual. Pengalaman menggambar hingga serius menekuni bidang seni.



Bahkan dalam pencarian jati diri dalam berkarya, Abenk mengatakan musik dan seni sama sekali tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut baru didapatkan Abenk ketika melanjutkan studi magister Filsafat Timur di Universitas Paramadina.

Albenk Alter, dari Musik Beralih ke Seni Visual Albenk Alter, dari Musik Beralih ke Seni Visual Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Lukisan menjadi salah satu medium eksplorasi dari apa yang ingin saya lakukan. Akarnya adalah pencarian untuk mengenal diri saya yang lebih dalam, mungkin itu alasan kenapa saya kuliah filsafat. Yang akhirnya melukis dan berkarier sebagai seniman," kata Abenk ketika mengobrol dengan detikHOT, pada Kamis (7/12/2017).

Tak sekadar menjadi seniman, saat Abenk keluar dari Soulvibe, dia sudah terpikir tidak ingin terus-terusan jadi vokalis band.

"Gue butuh statement sendiri yang lebih solid. Harus punya karya lahir dari idealisme sendiri, bukan idealisme kolektif. Seni visual jadi salah satu panggilan saya," ungkap Abenk.

Seperti apa metamorfosis karya-karya Abenk dari 2014 sampai sekarang? Simak artikel berikutnya!



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed