DetikHot

spotlight

Radhinal Indra Bicara Perspektif Kosmik pada Publik Lewat Seni

Selasa, 07 Nov 2017 18:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Radhinal Indra Bicara Perspektif Kosmik pada Publik Lewat Seni Radhinal Indra Bicara Perspektif Kosmik pada Publik Lewat Karya Seni Foto: Dok.Radhinal Indra
Jakarta - Persoalan alam semesta atau kosmik kerap diperbincangkan dalam forum-forum serius nan njelimet. Tak jarang pembahasan mengenai kosmik hanya sebatas ilmu pengetahuan yang ada di buku-buku sians maupun ruang kuliah.

Namun, Radhinal Indra yang tengah menggelar pameran tunggal 'Matter's Matter' di RUCI Artspace justru ingin secara gamblang membicarakan perspektif kosmik kepada masyarakat umum. "Cosmics perspective yang ingin disampaikan kepada publik," kata Radhinal Indra saat dihubungi via surel.

Sejak awal perencanaan mengenai pameran tunggalnya tersebut, lulusan Graphic Design ITB itu sempat khawatir. Dia mengakui tidak mudah mengkomunikasikan antara gagasan, banyak data atau fakta-fakta, khususnya mengenai ilmu pengetahuan.



"Ada kewaspadaan pamerannya akan terlalu data berat atau terdengar menggurui. Untuk itu saya menyaring dari banyak ide-ide karya saya berdasarkan panduan, do not show harsh data, take the poetic side of knowledge," tuturnya.

Radhinal Indra Bicara Perspektif Kosmik pada Publik Lewat Karya SeniRadhinal Indra Bicara Perspektif Kosmik pada Publik Lewat Karya Seni Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Lewat 11 karya seni yang ditampilkan, dia ingin tema pamerannya dapat mudah tersampaikan dan menggugah publik. Radhinal juga sempat mendapatkan respons selama dua minggu belakangan, banyak masyarakat yang suka dengan karya-karya.



"Banyak elemen yang saya angkat dalam karya saya mengingatkan kembali publik terhadap high school science yang pernah mereka pelajari. Ada nostalgia di situ, mungkin itu yang membantu publik dapat menerima dan merasa terinspirasi dengan subyek ini," kata Radhinal.

Ke depannya, dia akan segera residensi di Korea Selatan tahun depan. Topik dan persoalan yang ada di pamerannya kali ini bakal diboyongnya ke sana.

"Saya sangat tertarik melihat pengaruh benda langit terhadap kebudayaan manusia dari berbagai tempat di seluruh dunia. ini menjadi panduan kedepanya," tutupnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed