DetikHot

spotlight

Seni bagi Publik Jadi Agenda Penting Museum MACAN

Selasa, 12 Sep 2017 16:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seni bagi Publik Jadi Agenda Penting Museum MACAN Seni bagi Publik Jadi Agenda Penting Museum MACAN Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) segera dibuka untuk umum pada 4 November mendatang. Salah satu program terpenting adalah pendidikan seni bagi publik.

Seni bagi publik diungkap oleh Direktur Museum MACAN Aaron Seeto. Hadirnya first sight edisi pertama dan kedua beberapa waktu lalu dengan menonjolkan terhadap seni performans memiliki tujuan tertentu.

"Mereka yang datang ke first sight datang dari banyak background, mungkin mereka tidak tahu seni. Kita sangat membuka diri terhadap persoalan tersebut," ujar Aaron Seeto di Museum MACAN pada Sabtu (9/9) lalu.



Terkadang orang-orang berpikir seni hanya ditujukan bagi orang-orang yang mengerti maupun golongan tertentu saja.

"Art itu segmentasi, orang dengan pendidikan seni. Itu persepsi seni yang salah sekali. Seni itu untuk semua orang, jika kamu bertanya kepada Mella atau performance artist lainnya, mereka pastinya ingin mengartikulasikan ide ini kepada orang banyak," ujar Aaron Seeto lagi.

Konsep seni bagi publik ini diakuinya lebih menantang. "Tapi juga bisa menjembatani komunikasi dengan orang," pungkasnya.

Museum MACAN sendiri akan dibuka untuk publik 4 November, bersamaan dengan agenda besar Jakarta Biennale dan Jogja Biennale.


(tia/dar)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed