DetikHot

spotlight

Lukisan Manusia-Tumbuhan Bambang Nurdiansyah Kerap Jadi Sampul Buku

Selasa, 07 Mar 2017 19:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Manusia-Tumbuhan Bambang Nurdiansyah Kerap Jadi Sampul Buku Foto: Dok.Bambang Nurdiansyah
Jakarta - Sejak awal 2015 lalu, Bambang Nurdiansyah mengubah proses kreatif dengan menggunakan cat air dan mulai terpengaruh musik band folk asal Yogyakarta, Sisir Tanah. Lambat laun, karyanya pun kerap dijadikan desain sampul buku dan novel-novel.

Pria yang akrab disapa Bembeng mengatakan gambarnya masuk ke ranah penerbitan buku sejak 2016 lalu. Yakni, ketika mengisi ilustrasi buku 'Questioning Everything: Kreativitas di Dunia yang Tidak Baik-Baik Saja terbitan Warning Books'.

"Setelah itu mulai banyak rekan-rekan penulis yang berminat menjadikan karya saya sebagai sampul bukunya," katanya pada detikHOT, belum lama ini.

Simak: Bambang Nurdiansyah, Si Pelukis 'Hortikultura'

Yang terbaru di tahun ini adalah desain sampul bagi buku berjudul 'Pias: Kumpulan Tulisan Seni dan Budaya karya Aris Setyawan. Namun, di antaranya semuanya ada desain sampul novel yang menjadi favoritnya.

Novel berjudul 'Elegi' karya Dewi Kharisma Michelia itu terinspirasi dari salah satu lukisannya.



"Penulis Elegi mengaku terinpirasi memberi judul tersebut setelah melihat karya saya. Di situ saya berpikir, di luar segala nominal, popularitas, atau hal ekonomis lainnya, inilah pencapaian terbesar seorang seniman, saat karyanya mampu menggelitik manusia lain untuk membuat atau melakukan sesuatu," tuturnya.

Meski usia berkarier di ranah seni rupa masih terbilang muda, Bembeng pun sudah meluncurkan merchandise sesuai dengan karya-karyanya. Penasaran seperti apa karya Bembeng?

Intip karya-karya selengkapnya di akun Instagram pribadinya @bemb_beng.

Baca Juga: Raisa hingga Wiji Thukul, Lukisan Surealis ala Bambang Nurdiansyah
(tia/mmu)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed