Konflik Indonesia - Malaysia Siap Naik Layar!

- detikHot
Senin, 14 Des 2009 11:48 WIB
Jakarta - Setelah 'Balibo', kini giliran konflik antara Indonesia dan Malaysia siap untuk naik layar. Siapa yang akan menggarap film tersebut? Ho Yuhang, sineas asal Malaysia.

Mungkin nama Ho Yuhang tidak akrab di telinga Anda. Sekedar informasi, Ho merupakan salah satu sineas Malaysia yang cukup memiliki prestasi. Beberapa karyanya pernah meraih penghargaan di NETPAC Award dan Tiger Award. Sementara di JiFFest kemarin, ia menggebrak lewat feature film yang berjudul 'At The End of Daybreak'.

Dalam proyek film berikutnya, Ho berniat menampilkan isu ketegangan antara Indonesia dan Malaysia. Ia pun mengungkapkan proyeknya itu merupakan bagian dari program yang diprakarsai International Film Festival Rotterdam.

"Ini semacam film pendek dokumenter tentang isu besar antara Indonesia dan Malaysia," ujar Ho saat ditemui detikhot di Casa, Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lewat filmnya itu, Ho ingin menyuguhkan betapa konyolnya konflik tersebut. Menurutnya, selama ini Indonesia dan Malaysia seharusnya bisa bertetangga dengan baik.

"Ini sangat konyol, isu yang sangat bodoh. Kenapa dua negara harus saling klaim?" ucapnya.

Meski seorang warga negara Malaysia, Ho mengaku dekat dengan kebudayaan Indonesia. Ia banyak belajar soal Indonesia dari film.

"Film-film Riri Riza, Mira dan Nia mampu membuat saya melihat Indonesia dengan baik," jelasnya.

Nah, apakah film ini akan menuai kontroversi seperti 'Balibo'? Kita tunggu kabar selanjutnya.

(hkm/hkm)