ADVERTISEMENT

Rayuan Pertama Anang untuk Ashanty Dibikin NFT, Ini Kisahnya

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 18 Nov 2021 15:32 WIB
Keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty
Anang Hermansyah jual rayuan pertamanya untuk Ashanty menjadi NFT. Dok. Instagram/@fdphotographyfamily
Jakarta -

Sebagai seorang musisi Anang Hermansyah tentunya memiliki banyak karya yang memiliki nilai historis dalam perjalanan karirnya. Hal itu pun tentunya menjadi sebuah barang berharga yang diminati oleh banyak orang khususnya para penggemar.

Kepemilikan terkait karya-karya tersebut tak lagi jadi angan semata. Kini Anang Hermansyah akan menjualnya melalui NFT (non-fungible token).

Bahkan Anang sudah menyiapkan beberapa benda personal yang akan diperjualbelikan terkait dengan kisah hidupnya bersama Ashanty hingga kelahiran sang cucu pertama dari Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar.

"Segala yang menjadi kenangan keluarga kita akan masuk ke NFT. Mulai pertemuan dengan Ashanty sampai lahirnya nanti cucu pertama kita," tuturnya saat dihubungi detikcom pada Kamis (18/11).

Anang Hermasnyah pun mengakui jika dirinya diperkenalkan dengan NFT melalui CEO IDM Co-Op MC Basyar. Ia mengatakan jika awalnya mereka tertarik untuk bekerjasama dengan Anang Hermansyah terkait krypto dan pembuatan token game lokal.

Namun perbincangan itu berlanjut hingga ke tahap lainnya yakni soal NFT yang seolah jadi jawaban atas kemelut terkait karya cipta yang sempat dikeluhkan oleh Anang kala duduk di kursi DPR.

Ketertarikan Anang atas NFT itu pun menjadi sinyal baik bagi perkembangan pengolahan hak cipta bagi masyarakat, tokoh hingga seniman di Tanah Air.

"Kemudian aku jelasin tentang NFT itu adalah aset digital yang merupakan token di atas blockchain. Jadi aku jelasin setiap karya berupa gambar, suara dan lainnya itu terkoneksi dengan koneksi blockchain artinya ada kontraknya."

"Jadi bisa dianggap sebagai hak kekayaan intelektual dan pencatatan yang luar biasa sehingga diketahui siapa yang bikin dan jam berapa dibikin aset tersebut, kalau dijual ke siapa dan lalu dijual lagi ke siapa," ujar MC Basyar pada detikcom.

Ia pun menyebutkan jika tak butuh waktu lama bagi Anang Hermansyah untuk memahami dan tertarik dengan penjualan karyanya melalui NFT.

Kepaparan NFT di Indonesia pun diharapkan bisa menjadi sebuah trend baru dengan stimulan para pesohor seperti Anang Hermansyah. Apalagi ada jaminan yang lebih kuat untuk para kreator terkait karya-karya mereka dalam menghadapi pembajakan.

"Dalam rangka kita ini memberikan solusi buat para seniman, artis, konten kreator, segala macam. Jadi aset mereka di-digitalkan dan dihubungkan ke blockchain aku pikir itu membuat mereka lebih aman dari pembajakan dan mereka memiliki kekayaan intelektual yang terjamin di dalam blockchain. Kita juga nggak menutup kemungkinan itu bisa menjadi pendapatan mereka yang lumayan besar," ungkapnya.

NFT merupakan sebuah token digital yang terkoneksi di dalam blockchain yang tidak bisa ditukarkan namun bisa diperjualkan di pasar lelang.

Kebanyakan NFT digunakan untuk menjual dan membeli karya seni digital, barang koleksi, dan games. Keaslian NFT disertifikasi oleh teknologi blockchain yang dianggap tidak dapat diubah.

Contoh NFT paling terkenal adalah tweet pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang dijual dengan harga mencapai USD 2,5 juta atau sekitar Rp 35 miliar. Banyak juga meme yang dijual dalam bentuk NFT termasuk meme yang direpost oleh Elon Musk baru-baru ini.

Ada juga klip video slam dunk LeBron James yang terjual Rp 2,9 miliar dan GIP 'Nyan Cat' yang berusia 10 tahun terjual Rp 8,7 miliar.



Simak Video "Arsy Kerap Dikomentari Netizen, Ini Kata Anang Hermansyah"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT