Sonic The Hedgehog 2: Lebih Seru Dari Yang Pertama

Chandra Aditya - detikHot
Jumat, 08 Apr 2022 14:25 WIB
Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2.
Poster film Sonic The Hedgehog 2. Dok. Paramount Pictures
Jakarta -

Dengan durasi sepanjang dua jam, mempertanyakan apakah Sonic The Hedgehog 2 layak tonton adalah sebuah hal yang lumrah. Apa lagi yang bisa dibahas dari sebuah film yang plotnya sudah bisa ditebak. Terutama bagi Anda yang sudah menonton film pertamanya. Seumua kejutan yang ada pasti sudah ditampilkan di film sebelumnya. Akan tetapi film ini ternyata masih punya beberapa senjata yang ampuh untuk membuatnya menjadi tontonan yang menyenangkan.

Bahkan kalau Anda menonton film ini karena terpaksa menemani anak atau keponakan Anda yang merengek-rengek untuk melihat aksi Sonic yang kedua. Seperti yang terjadi di ending pertamanya, kita berada di sebuah planet limbo jamur bersama Dr. Robotnik (Jim Carrey) yang mencari segala cara untuk lolos dari neraka tersebut.

Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2.Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2. Foto: Dok. Paramount Pictures

Tak lama kemudian keluarlah sesosok makhluk yang bentuknya sangat mirip dengan Sonic, kecuali kenyataan dia berwarna berbeda dan memiliki tangan yang runcing. Namanya Knuckles (disuarakan oleh Idris Elba) dan dia mempunyai musuh dengan yang namanya Sonic. Yang namanya Dr. Robotnik ya dia langsung saja menjadi guide sekaligus keluar dari planet jamur tersebut.

Di Bumi hidup Sonic (disuarakan oleh Ben Schwartz) sebenarnya aman-aman saja. Kalau malam dia berusaha menjadi pahlawan dengan membantu polisi menangkap perampok (yang tentu saja berakhir dengan kegagalan yang indah), kalau pagi dia berpura-pura semuanya baik-baik saja. Tom (James Marsden) dan istrinya Maddie (Tika Sumpter) pura-pura menerima ini semua. Meskipun Tom sebenarnya sangat khawatir dengan yang namanya Sonic. Menurutnya, dia perlu teman. Menurutnya, mereka perlu hubungan yang lebih dalam dari sekedar ini.

Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2.Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2. Foto: Dok. Paramount Pictures

Kemudian Tom dan Maddie harus pergi ke Hawaii untuk pernikahan kakaknya Maddie, Rachel (Natasha Rothwell). Sementara Tom dan Maddie pergi, Sonic tidak hanya didatangi oleh Knuckles yang tiba-tiba sudah nyolot duluan, tapi ia juga hadir bersama Dr. Robotnik. Seakan belum kacau, muncul Tails (disuarakan oleh Colleen O'Shaughnessey) yang datang ke Bumi setelah terinsipirasi melihat Sonic melawan Dr. Robotnik. Kini Sonic memiliki misi baru: mencegah Knuckles dan Dr. Robotnik memiliki Master Emerald.

Selama dua jam, Sonic The Hedgehog 2 tidak bisa disangkal adalah sebuah film anak-anak. Ditulis oleh Pat Cassey, Josh Miller dan John Whittington, film ini sama sekali tidak memiliki kejutan yang berarti. Plotnya sangat mudah untuk diikuti. Dari A ke B ke C semuanya mengalir dengan mudah.

Dan hampir semua momen tidak ada yang dipotong. Dari montage Sonic bersama dengan anjingnya Tom sampai adegan dance battle di Siberia (sungguh sebuah momen yang sangat absurd) semuanya ada disini, yang saya yakin akan disukai oleh anak-anak.

Bagi penonton dewasa, satu-satunya plot yang mungkin akan membuat penonton dewasa tertawa adalah momen-momen di pernikahan Rachel. Tanpa membeberkan plotnya, adegan dalam di pernikahan itu lumayan kocak dan menghibur bahkan tanpa kehadiran Sonic dan kawan-kawan.

Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2.Cuplikan adegan di film Sonic The Hedgehog 2. Foto: Dok. Paramount Pictures

Meskipun hampir semua adegannya slapstick dan dibuat supaya anak-anak kecil pun bisa menikmatinya, tapi Natasha Rothwell sebagai bintang utama di momen-momen ini berhasil menjual semua adegannya dengan baik sehingga komedinya terasa tulus. Kali kedua menyutradarai serial ini, sutradara Jeff Fowler terasa lebih luwes dalam bercerita.

Meskipun kelihatan sekali aktor-aktornya bermain dengan benda yang tidak ada, tapi paling tidak adegan-adegannya kelihatan meyakinkan. Secara visual, Sonic The Hedgehog 2 mempersembahkan set pieces yang lebih megah. Momen ketika Sonic (bersama Knuckles dan Dr. Robotnik) mencari Master Emerald adalah salah satu highlight film ini.

Menurut kabar, penampilan Jim Carrey di film ini adalah penampilan terakhirnya sebagai aktor. Melihat aksi Dr. Robotnik yang benar-benar hiperbola, sangat gila dan kocak banget, susah membayangkan ada aktor lagi yang sekaret, sefleksibel Jim Carrey. Sonic The Hedgehog 2 mungkin bukanlah film masterpiece yang harus banget ditonton. Tapi sebagai film hiburan (dan juga untuk menyaksikan penampilan Jim Carrey yang terakhir), film ini cocok untuk ditonton saat ngabuburit.

Sonic The Hedgehog 2 dapat disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video " Jim Carrey Sayangkan Kejadian yang Menimpa Chris Rock di Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)