Review Free Guy: Hiburan Menyenangkan dari Ryan Reynolds

Candra Aditya - detikHot
Rabu, 27 Okt 2021 11:55 WIB
Film Free Guy
(Foto: Dok. 20th Century Fox) Free Guy mungkin familiar dengan film-film terdahulu tapi tetap menyenangkan. Ryan Reynolds selalu bisa diandalkan untuk membuat Anda menyeringai.
Jakarta -

Guy (Ryan Reynolds) tidak sadar bahwa dia adalah seorang karakter dalam sebuah video game. Sebutannya adalah NPC (Non-Player Character). Karakter yang ada di background sebuah open world game (gim yang membiarkan pemainnya bertualang sesukanya) yang hanya berguna untuk membuat gim tersebut terasa nyata.

Hidup Guy sangat membosankan. Baju-bajunya sama semua. Dia selalu bangun dengan rutinitas yang tidak pernah berubah: menyapa ikannya kemudian memesan kopi yang terlalu panas. Ketika ada orang merampok atau tindakan kriminal lainnya, Guy bersama teman-temannya selalu tahu untuk tidak ikut campur. Obsesinya sesederhana punya sepatu baru (tapi ia selalu tidak punya uang untuk membelinya). Pekerjannya sebagai teller bank pun lebih dari membosankan.

Kemudian suatu hari Guy bertemu dengan Molotovgirl (Jodie Comer). Yang satu ini berbeda dengan gadis-gadis yang ia lihat di dunianya. Perempuan yang satu ini menyita perhatiannya. Molotovgirl sepertinya menjadi katalis dalam hidup Guy karena keesokan harinya dia melakukan perubahan dengan memakai kacamata yang dipakai pemain game. Dan sekarang matanya terbuka. Dia bisa melakukan semua hal yang selama ini tidak bisa ia dapatkan. Sekarang Guy ingin mendapatkan pujaan hatinya.

Cara paling sederhana menggambarkan Free Guy adalah membayangkan The Truman Show dan Ready Player One digabung menjadi satu. Tapi jangan khawatir, hasilnya ternyata lebih baik dari yang dibayangkan. Free Guy jelas tidak sefilosofis The Truman Show tapi ia jauh lebih bisa dinikmati daripada blockbuster buatan Steven Spielberg yang dirilis beberapa waktu yang lalu.

Ditulis dari sebuah ide yang original (sebuah hal yang sangat langka dalam area blockbuster Hollywood akhir-akhir ini) oleh Matt Lieberman dan Zak Penn, Free Guy adalah sebuah tontonan yang akan menghibur Anda dari awal sampai akhir. Film ini didesain dengan keseruan yang tidak berhenti sehingga tidak ada satu pun menit kosong yang membosankan.

Free Guy loncat-loncat dari dunia game ke dunia nyata. Di dunia nyata kita dipertemukan dengan Mille (Jodie Comer) yang sedang berusaha keras mencari bukti bahwa Antwan (Taika Waititi), pemilik game yang merilis Free City, telah mencuri idenya dan Keys (Joe Keery). Keputusan ini membuat Free Guy menjadi lebih dinamis dan tidak terjebak ke seperti Groundhog Day versi KW. Ketika akhirnya Antwan memutuskan untuk merilis sekuel (ada dialog yang lumayan kocak soal KFC di bagian ini), nasib Guy dan teman-temannya pun terancam. Rilisnya Free City 2 itu artinya hilangnya Guy karena Antwan ingin membuat karakter-karakter yang baru.

Kalau bagian romansa antara Guy dan Molotovgirl tidak membuat saya tergerak (karena terlalu bisa ditebak), Free Guy menggantinya dengan berbagai jokes dan keseruan yang lumayan membuat saya berseru kegirangan. Mulai dari kepolosan Guy sampai cameo-cameo seru yang bermunculan, Free Guy tidak pernah kekurangan kejutan untuk menghibur penonton.

Shawn Levy yang bertanggung jawab atas franchise Night at the Museum dan tentu saja kebanggan Netflix yang bernama Stranger Things, berhasil membuat Free Guy tampak seru tanpa membuat saya pusing. Film ini sepertinya belajar dari Ready Player One (yang jujur membuat saya bingung mau fokus ke mana saat menatap layar) karena dunia yang ia ciptakan sangat gampang untuk dilihat. Visualnya memuaskan dan adegan-adegan aksinya tidak pernah berhenti. Dari Guy pertama kali belajar melawan musuh sampai akhirnya final battle, film ini menghadirkan sekuens-sekuens yang akan membuat Anda terhibur di dalam bioskop.

Mungkin yang mengurangi kenikmatan saat menonton Free Guy adalah film ini sangat familiar dengan beberapa film yang sudah rilis sebelumnya. Beat by beat tidak ada yang mengejutkan dalam Free Guy. Anda pasti tahu ending filmnya ketika Anda baru berkenalan dengan Guy. Tapi meskipun begitu, Free Guy tetaplah sebuah hiburan yang menyenangkan. Ryan Reynolds tetap bisa diandalkan untuk membuat Anda menyeringai.

Free Guy dapat disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.

(aay/aay)