Bad Trip: Film Terlucu Tahun Ini

Candra Aditya - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 13:04 WIB
Bad Trip
Bad Trip tayang di Netflix / Foto: (dok.Netflix)
Jakarta -

Dirilis tanggal 26 Maret 2021, Bad Trip hadir dan langsung menjadi sebuah kejutan yang tidak terduga. Film dengan premis sederhana ini ternyata menjadi salah satu pengalaman menonton paling asyik di tahun 2021 ini (setidaknya sejauh ini).

Bad Trip tidak hanya menawarkan berbagai kegilaan yang tidak berhenti dari awal sampai akhir tapi ia juga memiliki hati. Percayalah, ini adalah obat stres paling mutakhir.

Ceritanya dimulai di sebuah kota kecil di Florida. Chris (Eric Andre) suatu hari melihat gadis idamannya di tempat dia bekerja. Maria Li (Michaela Conlin) namanya. Pertemuan mereka adalah takdir. Bersamaan dengan itu Chris berbicara kepada sahabatnya Bud (Lil Rel Howery) untuk menjadi orang yang sukses setahun kemudian. Mereka harus menjadi pribadi yang baru, yang lebih bisa dibanggakan.

Bad TripBad Trip Foto: (dok.Netflix)

Tapi waktu berlalu dengan cepat dan satu tahun kemudian mereka tetap di tempat yang sama. Mereka tetap menjadi pecundang. Bud tetap takut dengan saudarinya Trina (Tiffany Haddish). Dan Chris tetap menjadi pecundang sebagai karyawan toko jus buah-buahan. Hari itu, Maria Li muncul lagi. Tapi berbeda dengan sebelumnya, Maria memberikan kartu namanya dan "mengundang" Chris untuk menemuinya di New York karena Maria sedang persiapan opening gallery-nya.

Chris pun bersemangat. Ini adalah dorongan yang baik untuk membuatnya move on. Dia mengajak Bud untuk ke New York dengan menggunakan mobil Trina. Bud menolak tentu saja. Dia tidak bisa membayangkan konsekuensi yang harus dia hadapi kalau Trina sampai tahu mereka membawa mobilnya tanpa ijin. Tapi Chris memaksa dan menggunakan alasan yang make sense. "Trina sedang ada di penjara.

Mana mungkin dia tahu." Kedua sahabat ini pun akhirnya berangkat ke New York. Yang tidak mereka ketahui Trina kabur dari penjara dan betapa shocknya dia ketika tahu mobilnya hilang. Aksi kejar-kejaran pun dimulai.

Bad Trip memang menawarkan sebuah kisah yang klasik (kalau tidak mau menggunakan kata klise). Tapi yang membedakan Bad Trip dengan film-film sejenis adalah eksekusinya. Bad Trip, seperti halnya Jackass dan Borat, menggunakan orang-orang asli di tengah-tengah kekacauan yang karakter-karakternya lakukan. Jadi reaksi orang-orang ketika melihat kegilaan Chris, Bud, Trina dan Maria Li sepanjang film adalah asli.

Bad TripBad Trip Foto: (dok.Netflix)

Dan percayalah, reaksi orang-orang biasa ini sungguhlah berharga. Apa yang terjadi jika Anda sedang menikmati makan siang dan tiba-tiba ada perempuan yang berteriak-teriak mau membunuh dua orang? Apa yang terjadi jika Anda mau menservis mobil kemudian si tukang servis mobil malah telanjang? Apa yang terjadi jika Anda mau beli jus dan tangan si penjual keblender?

Apa yang terjadi jika tiba-tiba orang merasa berada di film musikal? Semua skenario itu muncul dalam Bad Trip dan membuat semuanya jauh lebih lucu. Reaksi dan ekspresi orang biasa ketika mereka melihat kebodohan hakiki ini adalah sumber utama kejeniusan Bad Trip. Dan percayalah, semakin film berjalan semakin gila jokes/pranks yang pembuat film ini lakukan.

Ditulis oleh Dan Curry, Eric Andre dan Kitao Sakurai (yang juga menjadi suyradara film ini), Bad Trip menggunakan cerita yang sangat konvensional untuk membawa penonton ke berbagai prank yang sungguh, sungguh memuaskan. Ada saja yang mereka bisa kulik untuk membuat orang biasa terkejut atau shock.

Tapi selain prank-pranknya yang kocak, Bad Trip juga menawarkan sebuah kisah cinta yang realistis dan persahabatan yang menyentuh. Tidak berhenti disana, film ini juga menggambarkan sebuah dinamika keluarga yang patut untuk disimak.

Bad Trip tidak akan berjalan tanpa komitmen para aktornya. Eric Andre, Lil Rel Howery, Tiffany Haddish dan Michaela Conlin benar-benar sukses menyatu dengan karakternya sehingga orang-orang biasa pun tertipu dengan sosok mereka. Tidak ada satu pun orang-orang biasa ini curiga dengan kehadiran mereka atau kelakuan mereka yang nyeleneh padahal mereka jelas-jelas sedang berakting dalam sebuah film.

Sungguh sebuah penampilan yang fenomenal. Dengan durasi yang sehat (84 menit), Bad Trip meluncur tanpa satu pun momen yang membosankan.

Film ini bak kebut-kebutan Fast and Furious. Mereka meluncur cepat dan terus meluncurkan kelucuan dan kegilaan yang tiada hentinya. Jika Anda sedang mencari tontonan yang tidak perlu mikir tapi efektif untuk membuat Anda menggila, film ini harus Anda cicip. Siapkan tisu karena bisa jadi Anda akan tertawa sampai air mata Anda mengalir deras.

Bad Trip dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Kronologi Meninggalnya Produser Netflix Usai Diracuni Rekan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)