Hot Review

Enola Holmes, Kenalan Sama Adiknya Sherlock, Yuk!

Candra Aditya - detikHot
Selasa, 29 Sep 2020 21:04 WIB
Enola Holmes
Foto: dok Netflix Enola Holmes
Jakarta -

Kangen sama aksi Eleven? Stranger Things yang paling baru memang sepertinya mundur jadwalnya. Tapi setidaknya Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk menyaksikan aksi Millie Bobby Brown.

Dalam film original Netflix terbaru Millie Bobby Brown tidak hanya hadir kembali tapi dia datang mengajak dengan aktor-aktor kenamaan Inggris seperti Sam Claflin, Helena Bonham Carter sampai si Superman sendiri alias Henry Cavill.

Diperuntukkan para remaja, Enola Holmes adalah sebuah adaptasi dari buku karya Nancy Springer.

Berbeda dengan mood serial 'kakaknya' yaitu Sherlock Holmes (dalam film ini diperankan oleh Henry Cavill) yang serius yang bisa Anda saksikan melalui adaptasi Sherlock, dua film Sherlock Holmes atau bahkan "adaptasi bebas"nya dalam serial Elementary, mood Enola Holmes sangat cerah ceria.

Lengkap dengan teknik breaking the fourth wall dimana si karakter utama 'berbicara langsung' dengan penonton.

Karena film ini judulnya saja sudah Enola Holmes maka film pun dibuka dengan kehadirannya. Millie Bobby Brown yang juga menjadi produser untuk film ini patut mendapatkan pujian atas aktingnya di film ini karena dia tidak hanya bisa membuktikan bahwa dia bukan Eleven di Stranger Things tapi ia juga bisa menjelma jadi karakter lain dengan mudah. Film ini ada di pundaknya.

Enola HolmesEnola Holmes Foto: (dok.imdb.)

Dan keberhasilan itu sangat terlihat karena Enola Holmes 90% adalah tentang dirinya. Tanpa adanya energi yang meletup-letup dan semangatnya yang sangat menular, film ini mungkin akan menjadi sebuah tontonan yang sangat berbeda.

Alkisah dalam Enola Holmes kita diperkenalkan dengan seorang gadis yang sangat mandiri. Dia tinggal bersama ibunya, Eudoria Holmes (Helena Bonham Carter, seperti biasa bisa diandalkan) di sebuah kastil tua.

Dua kakaknya, Sherlock dan Mycroft Holmes (Sam Claflin) tidak menunjukkan batang hidungnya karena mereka sibuk berpetualang di London. Enola dan Eudoria mengisi waktu mereka dengan berbagai macam kegiatan.

Salah satunya adalah memecahkan berbagai macam teka-teki. Hal yang terakhir ternyata menjadi hal yang sangat berguna karena suatu hari eudoria hilang dan Enola tidak tahu keberadaan sang ibu. Eudoria hanya memberikannya surat, uang dan segepok teka-teki.

Sherlock dan Mycroft pulang demi mendengar ibu mereka menghilang dan meninggalkan gadis remaja sendirian di rumah. Sementara Sherlock mencoba mengerti apa yang sebenarnya sedang terjadi, Mycroft memilih untuk memasukkan Enola ke sekolah kepribadian yang dipimpin oleh Miss Harrison (Fiona Shaw, bibinya Harry Potter yang jahat itu).

Tentu saja Enola mengamuk. Dia tidak terima bahwa kebebasannya selama ini harus ditukar dengan aturan dan bagaimana caranya bergabung ke masyarakat dengan baik dan anggun. Enola memilih untuk pergi diam-diam dan kabur ke London untuk mencari ibunya.

Ternyata belajar bela diri dan teka-teki bersama ibunya ada gunanya juga. Karena bahaya mendekati Enola kemana pun ia pergi. Dan misteri
menanti di depan mata.

Skrip yang ditulis oleh Jack Thorne cukup lincah untuk menjelaskan tentang 'bagian awal' kehidupan Enola Holmes (melihat ending-nya, sepertinya Netflix berencana untuk menjadikan film ini sebuah franchise yang menjanjikan). Dialog-dialognya luwes dan penceritaannya tidak berbelit-belit.

Tapi itu tidak membuat Enola Holmes cetek seperti kebanyakan film Netflix. Ia justru terasa agak sedikit smart dari film remaja kebanyakan. Dan seperti film remaja kebanyakan, ada unsur cinta-cintaan yang dipaparkan disini.

Biasanya cinta monyet akan membuat banyak penonton bosan karena semuanya serba predictable. Tapi dalam kasus ini aspek cinta monyetnya justru menggemaskan. Mungkin karena Millie Bobby Brown dan Louis Partridge yang berperan sebagai Tewkesbury yang kebagian jatah jadi love interest Enola memiliki chemistry yang cukup apik.

Enola HolmesHenry Cavill dalam Enola Holmes Foto: dok Netflix Enola Holmes

Keberhasilan Enola Holmes menjadi salah satu film original Netflix yang menghibur tidak lepas dari tangan dingin sutradara Harry Bradbeer. Jika Anda menonton salah satu serial komedi terbaik sepanjang masa, Fleabag, Anda pasti familiar dengan namanya.

Bradbeer adalah orang yang bertanggung jawab atas 11 episode serial yang melambungkan nama Phoebe Waller-Bridge tersebut. Dalam Enola Holmes, dia tidak hanya meyakinkan bahwa hanya dia yang mampu membuat breaking the fourth wall terasa sangat sinematik tapi juga dia jago merangkai adegan-adegan yang sederhana menjadi thrilling.

Singkatnya, Enola Holmes adalah sebuah tontonan ringan yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan durasi yang friendly dan barisan pemain yang gemas, film ini adalah oase yang menyegarkan.

Enola Holmes dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)