Hot Review

Umbrella Academy Season 2: Kembali Menyelamatkan Dunia Dari Kiamat

Candra Aditya - detikHot
Sabtu, 08 Agu 2020 14:28 WIB
THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) AIDAN GALLAGHER as NUMBER FIVE, EMMY RAVER-LAMPMAN as ALLISON HARGREEVES, ROBERT SHEEHAN as KLAUS HARGREEVES, TOM HOPPER as LUTHER HARGREEVES, DAVID CASTAÑEDA as DIEGO HARGREEVES and ELLEN PAGE as VANYA HARGREEVES in episode 206 of THE UMBRELLA ACADEMY Cr. COURTESY OF NETFLIX/NETFLIX © 2020
The Umbrella Academy. COURTESY OF NETFLIX/NETFLIX/COURTESY OF NETFLIX/NETFLIX
Jakarta -

Keluarga disfungsional yang ada dalam Umbrella Academy punya banyak kesamaan. Kesamaan pertama adalah mereka lahir di hari yang sama. Dan yang kedua adalah mereka mencoba bekerja sama untuk menghapus trauma dari kekerasan yang dilakukan oleh bapak mereka.

Diadaptasi dari komik karya Gerard Way (vokalis My Chemical Romance) dan Gabriel Ba, Umbrella Academy muncul tanpa permisi di Netflix tahun lalu dan langsung merebut hati jutaan penontonnya.

Di musim pertamanya kita bertemu dengan keluarga Hargreeves dan para personilnya. Kematian bapak mereka, Reginald Hargreeves (Colm Feore), memaksa para anggota keluarga untuk mengkonfrontasi tentang arti kata maaf, kekerasan, trauma dan juga makna dari kata keluarga.

Sesuatu yang tentu saja tidak mereka pikirkan sebelumnya. Musim pertama menghabiskan banyak waktu untuk membahas soal ini. Membuat musim pertamanya terasa seperti sebuah eksposisi yang panjang. Tapi untungnya semuanya dibungkus dalam sebuah keriaan yang sangat menghibur.

Musim kedua Umbrella Academy terasa lebih menyenangkan. Ada lebih banyak pertunjukan dari masing-masing personil keluarga ini. Mereka semua mendapatkan jatah yang lebih optimal untuk menunjukkan keahlian mereka.

Selain itu di musim kedua ini kreator Umbrella Academy, Steve Blackman dan Jeremy Slater, menambahkan banyak drama yang membuat kehadiran geng ini jauh lebih emosional.

Bagaimana cara kita menghadapi perubahan misalnya. Cara kreatornya untuk menyeimbangkan antara rasa kemanusiaan dan hura-hura extravaganza aksi para pahlawan ini adalah faktor terkuat kenapa musim kedua Umbrella Academy terasa lebih memuaskan.

THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) TOM SINCLAIR as OSCAR, KRIS HOLDEN-RIED as AXEL and JASON BRYDEN as OTTO in THE UMBRELLA ACADEMY Cr. CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX © 2020THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) TOM SINCLAIR as OSCAR, KRIS HOLDEN-RIED as AXEL and JASON BRYDEN as OTTO in THE UMBRELLA ACADEMY Cr. CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX © 2020 Foto: The Umbrella Academy (CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX/CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX)

Setelah lompat ke dalam portal, para anggota Hargreeves terpisah ke dalam waktu yang berbeda sebelum 22 November 1963, saat dimana presiden John F. Kennedy tertembak di Dallas (26 tahun sebelum mereka lahir). Ternyata akibat dari loncat waktu ini ada satu bencana yang akan terjadi yang harus mereka hentikan.

Dan kali ini agak susah untuk dilakukan karena mereka semua terpisah satu sama lain. Keputusan untuk memisahkan para saudara-saudari ini adalah salah satu keputusan cerdas untuk membuat musim kedua Umbrella Academy menjadi lebih asyik karena sekarang penonton diberi waktu untuk menyaksikan progress para karakternya.

Luther (Tom Hopper), dengan kemampuannya yang luar biasa sekarang menjadi security dan petarung di malam hari. Diego (David Castaneda) berusaha keras untuk lolos dari rumah sakit jiwa. Klaus (Robert Sheehan) menjadi alkoholik dan entah kenapa tiba-tiba dia membuat sekte...?

Allison (Emmy Raver-Lampman) mendapatkan masalah yang lebih pelik karena dia lompat ke tahun 1961 dimana segregasi masih ada dan rasisme masih kental di Amerika. Mengingat Amerika baru saja ramai soal kampanye #BlackLivesMatter, apa yang ada di timeline Allison membuat musim kedua Umbrella Academy menjadi semakin relevan.

THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) TOM SINCLAIR as OSCAR, KRIS HOLDEN-RIED as AXEL and JASON BRYDEN as OTTO in THE UMBRELLA ACADEMY Cr. CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX © 2020THE UMBRELLA ACADEMY (L to R) TOM SINCLAIR as OSCAR, KRIS HOLDEN-RIED as AXEL and JASON BRYDEN as OTTO in THE UMBRELLA ACADEMY Cr. CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX © 2020 Foto: The Umbrella Academy (CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX/CHRISTOS KALOHORIDIS/NETFLIX)

Sementara itu Vanya (Ellen Page) belajar untuk mencinta. Semua orang ini kemudian disatukan oleh Five (Aidan Gallagher) yang memang memiliki kemampuan untuk loncat waktu.

Meskipun musim kedua Umbrella Academy masih ada beberapa subplot yang kurang menarik dan kadang ada beberapa episode yang temponya kurang asyik, musim kedua Umbrella Academy terasa jauh lebih percaya diri karena dia memasukkan banyak hal di dalamnya. Konspirasi, kisah-kisah nyata, statement soal rasisme semuanya digabung ke dalam sebuah kisah fantasi yang menyenangkan.

Jika Anda mencintai musim pertamanya, Umbrella Academy musim kedua adalah sebuah keharusan. Bagi Anda yang belum pernah menonton Umbrella Academy, mungkin akhir pekan ini bisa menjadi waktu untuk Anda mengunyah serial seru yang satu ini. Umbrella Academy dapat disaksikan di Netflix.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Netflix Raih Pelanggan Baru, Namun Masih Kurang 'Menggigit'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)