detikHot

premiere

'Hobbs and Shaw': Asyiknya Nongkrong Bareng The Rock dan Jason Statham

Sabtu, 03 Agu 2019 11:43 WIB Candra Aditya - detikHot
Foto: Hobbs and Shaw (imdb.) Foto: Hobbs and Shaw (imdb.)
Jakarta - Hobbs and Shaw adalah sebuah film yang eksistensinya tidak akan ada kalau misalnya Dwayne Johnson dan Vin Diesel berbaikan seperti yang diserukan oleh netizen Indonesia ketika melihat dua bintang favorit mereka berantem. Menurut berbagai sumber, Dwayne Johnson katanya muak dengan kelakuan Vin Diesel yang sok diva di film serial Fast and Furious mereka yang terakhir sehingga mereka sampai berantem. Johnson bahkan sampai menumpahkan kekesalannya via media sosial.

Universal sadar akan star power yang dipunyai oleh Johnson. Dia adalah bintang film nomer satu di dunia saat ini. Hampir semuanya yang dia sentuh sepertinya berubah menjadi sumber mata uang. Conth terakhir mungkin adalah remake Jumanji. Yang tadinya terasa mengada-ngada ternyata bisa menjadi sumber mata uang baru yang melahirkan franchise yang potensial bagi Sony Pictures. Dan daripada kehilangan Johnson (baca: kehilangan pundi-pundi dollar), lebih baik Johnson dibikinin film sendiri.

Bagi Anda yang menonton seluruh seri Fast and Furious, Anda pasti tahu bahwa Luke Hobbs (Dwayne Johnson) adalah seorang agen DSS single father yang selalu menjadi yang terdepan jika muncul penjahat. Dan Deckard Shaw (Jason Statham) sebenarnya adalah seorang military agent yang akhirnya bikin bisnis sendiri. Dia bahkan orang yang bertanggung jawab yang ngebunuh Han (Sung Kang) di Tokyo Drift. Shaw adalah villain utama untuk Furious 7 sebelum akhirnya menjadi protagonis di Fate and the Furious.

Kalau Anda kebingungan dengan semua backstory tadi, tidak apa-apa. Karena Chris Morgan dan Drew Pearce, penulis skrip Hobbs and Shaw, memastikan bahwa film ini bisa dinikmati oleh siapapun tanpa harus menonton satu pun serial Fast and Furious. Dan ini adalah keputusan yang baik karena ternyata Hobbs and Shaw mempunyai mood dan tone yang lebih laid-back daripada serial Fast and Furious.

Cerita film ini sungguh sederhana. Ada sebuah virus yang akan membahayakan umat manusia (tentu saja) jika virus ini keluar dan Hattie (Vanessa Kirby) terpaksa harus memasukkannya ke badan dia ketika dia dikejar-kejar oleh Brixton (Idris Elba). Kini Hattie dalam persembunyian dan Hobbs serta Shaw harus bekerja sama untuk mencari di mana Hattie.

Dwayne Johnson dan Jason Statham yang juga menjadi produser film ini sepertinya tahu bahwa penonton membutuhkan sesuatu keseruan tanpa perlu mikir banyak. Itulah esensi dari summer blockbuster dan itulah yang penonton akan dapatkan. Film ini dibuka tanpa perlu banyak prolog dan langsung ke aksinya.

Simak video review Candra Aditya

[Gambas:Video 20detik]



Dengan durasi 135 menit, David Leitch (sutradara John Wick, Deadpool 2 dan Atomic Blonde) menghibur penonton dengan berbagai set pieces yang akan membuat Anda kesenangan. Meski film ini hanyalah spin-off tapi semua yang Anda sukai dari serial Fast and Furious ada disini. Adegan kejar-kejaran? Dari London sampai Rusia. Adegan berkelahi? Tidak ada habisnya.

'Hobbs and Shaw': Asyiknya Nongkrong Bareng The Rock dan Jason StathamFoto: Hobbs and Shaw (imdb.)


Adegan aksi yang berlebihan? Berantem secara vertikal di gedung tinggi. Semuanya ada di Hobbs and Shaw. Berbeda dengan Fast and Furious, aksi laga yang ada di Hobbs and Shaw jauh lebih intens dan frekuensinya lebih banyak. Mungkin karena Leitch lebih berpengalaman dalam adegan baku hantam seperti yang ia tunjukkan di John Wick dan Atomic Blonde.

Semua adegan spektakuler tersebut memang menyenangkan untuk dinikmati tapi harta karun rahasia dari Hobbs and Shaw sebenarnya adalah elemen komedi yang ada di dalamnya. Ini sebenarnya adalah sebuah buddy comedy yang sangat mahal dan over-the-top. Dwayne Johnson dan Jason Statham mempunyai chemistry yang sangat baik sehingga apapun yang mereka lakukan sangat enak untuk disimak. Comedic timing mereka juga sangat baik sehingga ketika filmnya tenang, tidak ada adegan baku hantam, kita tetap dihibur dengan Statham dan Johnson yang saling menghina satu sama lain.

Vanessa Kirby sebagai Hattie ternyata juga tampil begitu spektakuler. Aksinya akan membuat Anda terpana. Dia tidak hanya bisa mengimbangi Dwayne Johnson dan Jason Statham dalam segi baku hantam tapi dia juga mempunyai pesona yang luar biasa sehingga kamera sungguh mencintainya. Semua yang dia lakukan di sepanjang film akan membuat Anda berteriak kesenangan.

Hobbs and Shaw memang cetek. Seperti biasanya, karakter antagonisnya dibuat dengan separuh hati meskipun Idris Elba berusaha keras untuk menjadikannya seru. Tapi ini adalah suguhan summer blockbuster yang sangat asyik untuk dinikmati. Film ini renyah, seru dan packingnya sangat asyik meskipun durasinya cukup overwhelming. Barisan castnya sungguh spektakuler dan semua orang disini sepertinya rupawan semua. Dan ternyata itulah yang dibutuhkan untuk membuat sebuah summer blockbuster yang fun.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.






Simak Video "'Hobbs and Shaw', Salah Satu <i>Summer Blockbuster</i> Terbaik Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kmb/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com