Legenda Rock David Crosby Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

ADVERTISEMENT

Legenda Rock David Crosby Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 20 Jan 2023 18:02 WIB
FILE - Musician David Crosby performs during a benefit concert for the City Parks Foundation at Central Park SummerStage, on July 29, 2008, in New York. Crosby, the brash rock musician who evolved from a baby-faced harmony singer with the Byrds to a mustachioed hippie superstar and an ongoing troubadour in Crosby, Stills, Nash & (sometimes) Young, has died at age 81. His death was reported Thursday, Jan. 19, 2023, by multiple outlets. (AP Photo/Diane Bondareff, File)
Penampilan David Crosby di New York, Amerika Serikat pada 2008. AP/Diane Bondareff
Jakarta -

Kabar duka kembali datang dari dunia musik, gitaris dan pencipta lagu rock David Crosby meninggal dunia di usia 81 tahun. Hingga saat ini belum ada info terbaru soal penyebab kematiannya dan pihak keluarga pun hanya menjelaskan jika sang musisi sudah lama sakit.

Kematian pendiri grup The Byrds itu begitu mengejutkan para fans karena sebelumnya ia sangat aktif di media sosial. Bahkan pada Rabu (18/1) lalu ia masih menyapa para fansnya di Twitter dan pada cuitan terakhirnya ia terlihat membahas soal surga.

"Aku mendengar jika tempat itu sangat padat...(dan) berawan," tulisnya.

Rekan-rekannya di Crosby, Stills, Nash & Young (CSNY) pun masih tak percaya dengan kabar duka itu. Hingga akhirnya pihak keluarga memberikan konfirmasi langsung padanya.

"Ini adalah sebuah duka dan kesedihan mendalam setelah ku tahu jika sahabatku David Crosby meninggal dunia. Aku tahu orang-orang masih fokus dengan betapa bergejolaknya hubungan kami selama ini, namun apa yang terpenting bagi David dan aku adalah kebahagiaan murni dalam membuat musik bersama, nada yang kami temukan bersama-sama, dan pertemanan erat yang kami jalin selama bertahun-tahun ini," tulis Nash.

Nash pun melanjutkan dengan menyebutkan jika David adalah sosok yang selalu tulus dalam berkarya dan selalu mengikuti hatinya untuk membuat musik. Ia pun telah meninggalkan karya-karya legendaris baik dalam band mereka atau pun lainnya.

"Hatiku selalu bersama keluarganya, Jan (istrinya) dan Django (anaknya) dan semua orang yang tersentuh dengan karyanya," ungkapnya.

Dalam beberapa tahun ke belakang, David Crosby ingin menyatukan kembali CSNY dan berkarya lagi. Namun Stephen Stills memilih untuk menyelesaikan band tersebut dan tak ingin lagi reuni karena semuanya dianggapnya telah berakhir dengan baik.

David Crosby dikenal sebagai musisi handal sejak berkarir bersama The Byrds pada 1964. Setelahnya ia pun mulai bertemu dengan Stephen Stills dan Graham Nash, mereka pun memutuskan untuk membuat CS&N pada 1968.

Beberapa tahun berselang anggota mereka bertambah usai Stills mengajak rekan di band lamanya, Neil Young, dan mengubah nama band mereka menjadi CSNY dan meraih hits lewat album Deja Vu (1970).



Simak Video "Gitaris Rock David Crosby Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT