Naff hingga Jamrud Siapkan Nostalgia di Danau Toba Bulan Ini

ADVERTISEMENT

Naff hingga Jamrud Siapkan Nostalgia di Danau Toba Bulan Ini

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 22 Nov 2022 16:03 WIB
Jamrud
Foto: Jamrud
Jakarta -

Naff hingga Jamrud akan tampil menyajikan lagu-lagu andalan mereka yang siap memantik rasa nostalgia. Penampilan dua band Indonesia ini akan terjadi di panggung bertajuk Tao Toba Heritage Fest yang akan digelar di Pulau Samosir, Sumatera Utara, pada 26 November 2022.

Tao Toba Heritage Fest digelar oleh Renjana Productions dan menargetkan hingga 5000 pengunjung dalam acara ini. Mengingat insiden yang kerap terjadi dalam acara festival serupa, Renjana Productions berkolaborasi dengan pihak kepolisian setempat. Selain itu, protokol kesehatan juga akan diterapkan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Selain panggung musik dari Jamrud dan Naff, Tao Toba Heritage Fest juga akan menampilkan Marsada Band, Ipang Lazuardi, dan Viky Sianipar. Namun bukan itu saja yang akan memeriahkan acara ini karena seperti namanya, budaya lokal akan jadi sajian utama dari Tao Toba Heritage Fest. Renjana Productions akan menyiapkan budaya Mangalahat Horbo sebagai puncak acara ini.

Mangalahat Horbo merupakan tradisi tertua Batak Toba kepada Sang Pencipta Yang Agung. Tradisi ini merupakan perwujudan rasa terima kasih atas keberkahan, kekuatan, kebesaran hati, kemakmuran, serta panen yang melimpah. Biasanya memang tradisi Mangalahat Horbo diadakan pada perayaan panen, perayaan kemenangan, pemberian gelar, hingga kelahiran raja.

Selain itu, Tao Toba Heritage Fest juga akan menghadirkan pagelaran Manortor masal. Prosesi tarian adat ini akan ditampilkan sebagai bentuk rasa gembira dan hormat kepada Tuhan, leluhur, serta raja-raja. Selain itu, tarian ini juga menjadi bentuk penyampaian harapan dan perlindungan.

Tao Toba Heritage FestTao Toba Heritage Fest Foto: dok. Renjana Productions

"Kami dari Renjana Productions akan mengeksplorasi dan mempresentasikan budaya serta keindahan Danau Toba dengan cara terbaik yang semoga dapat membantu mendorong menghidupkan pariwisata setempat. Indonesia keren, ayo kita ke Samosir!" Jelas Raiden Soedjono selaku Project Director Tao Toba Fest dalam keterangan resminya.

Untuk menambah kemeriahan Tao Toba Heritage Fest akan digelar juga Fun Ride Toba Heritage buat yang ingin berkeliling menikmati keindahan Danau Toba. Rute sepanjang 17km sudah disiapkan mulai dari Tuk-Tuk Siandongv-Tomok-Desa Garoga-Ambarita-Silagan-Tukutuk. Sepanjang rute ini peserta akan bisa melihat keindahan Bukit Beta, Pasar Kerajinan Tangan & Oleh-Oleh Tomok, Makam Raja Batak Sidabutar Peninggalan Zaman Megalitikum di Desa Tomok, Museum Adat Batak, Simagande Waterfall, Situs Kerajaan Adat Batak Huta Sialagan, dan kawasan distrik Hotel Tuktuk.

Diharapkan tidak hanya Tao Toba Heritage Fest akan memberikan hiburan, tetapi juga edukasi buat budaya lokal setempat. Kehadiran UMKM juga berperan penting dalam memperkenalkan makanan lokal hingga kerajinan cenderamata Danau Toba. Kabar gembiranya lagi, Tao Toba Heritage Fest dibuka untuk umum tanpa tiket masuk.

Tao Toba Heritage Fest adalah persembahan untuk merayakan indahnya Danau Toba sekaligus melestarikan budaya. Semoga festival ini dapat memantik kembali tingkat pariwisata dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menghargai serta mencintai budaya.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT