Pulau Terluar Indonesia di Localfest 2022

ADVERTISEMENT

Pulau Terluar Indonesia di Localfest 2022

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Sabtu, 10 Sep 2022 19:59 WIB
Suasana di lokasi Localfest 2022.
Foto: Fazarullah/detikcom
Jakarta -

Festival brand lokal Indonesia yang berpadu dengan musik, Localfest 2022 kembali digelar secara offline setelah diterpa pandemi dua tahun terakhir. Mendatangkan lebih dari 100 brand fashion lokal yang berpadu dengan deretan penampilan musik.

detikHOT hadir langsung ke lokasi di Parkir Timur Senayan, Kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (10/9/2022), pada hari ke-2. Hari pertama dimulai sejak Jumat (9/9/2022) dan berakhir besok, Minggu (11/9/2022).

Satu hal yang menarik di antara antusiame para pengunjung adalah dimunculkannya pulau terluar di Indonesia. Tentu saja tidak dalam bentuk aslinya, melainkan nama dari salah satu area.

Adalah Pulau Senua, pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Cina Selatan. Berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Utara.

Memang, pada Localfest 2022, nama-nama area menggunakan nama pulau atau desa di Indonesia, yang bisa dibilang jarang diketahui.

Ada Pulau Kawio, dari Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Kecamatan Midai yang terletak di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Lainnya ada juga Pulau Benggala berada di wilayah Kota Sabang, Aceh.

Pulau Alor dari ujung timur kepulauan Nusa Tenggara cukup populer di telinga. Hinako berada Pulau Nias, Sumatera Utara. Pulau Nusa berada di Kalimantan Tengah dan Pulau Subi yang juga terletak di Kepulauan Riau.

Suasana di lokasi Localfest 2022.Suasana di lokasi Localfest 2022. Foto: Fazarullah/detikcom

Hal tersebut juga sejalan dengan rencana mereka yang juga ingin memamerkan lebih banyak brand lokal di luar kota besar Jabodetabek dan Bandung.

"Kita akan coba memulai menggandeng jenama asal Pulau Jawa bagian Tengah, Jawa Timur, Bali dan nantinya ke pulau Sumatra dan Kalimantan," ujar Kepala Marketing dan Komunikasi Localfest Adit Yara dalam jumpa pers tempo hari.

Di lokasi festival detikHOT menanyakan kepada beberapa pengunjung apa yang mereka cari di Localfest 2022.

Suasana di lokasi Localfest 2022.Suasana di lokasi Localfest 2022. Foto: Fazarullah/detikcom

"Mau belanja baju sama mau nonton Pee Wee Gaskins," kata Dimas yang sengaja datang sendirian agar lebih puas berkeliling.

Pada hari ke-2 ini, detikHOT juga mendatangi beberapa kios, seperti Hoi Polloy, Better Goods dan Double School. Mereka memberikan diskon 10% sampai dengan 40% serta memamerkan desain terbaru. Dedengkot brand fashion lokal, UNKL347 turut meramaikan, bersama dengan nama-nama populer seperti Erigo dan Roughneck.

(mif/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT