ADVERTISEMENT

Arti Kemerdekaan dan Harapan Leon Travis untuk Indonesia

Mauludi Rismoyo - detikHot
Selasa, 16 Agu 2022 21:43 WIB
Leon Travis memaknai kemerdekaan sebagai persatuan yang harus terus dipelihara.
Foto: dok. Leon Travis
Jakarta -

Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-77 tahun. Jelas hal itu memiliki arti tersendiri di hati rakyatnya. Begitu pula dengan musisi country Leon Travis, yang telah menghabiskan sebagian besar waktu kecilnya di Indonesia.

Leon kecil selalu menjadikan Hari Kemerdekaan sebagai ajang bersenang-senang melalui berbagai lomba yang tersaji di lingkungannya. Ia mengenang hal tersebut saat berbincang dengan detikcom.

"Waktu kecil itu paling seru nonton lomba-lomba permainan tradisional seperti panjat pinang, perang bantal di atas sungai," ujarnya.

Beranjak dewasa, Leon yang kini punya banyak referensi dan pemahaman pun semakin dalam mengartikan ajang Hari Kemerdekaan.

Baginya, kemerdekaan bukan hanya sekadar bebas dan merdeka, tetapi juga memelihara persatuan yang telah dibangun oleh para leluhur.

"Kemerdekaan bukan hal mudah dan cuma-cuma. Sebagai warga negara yang baik, kita harus bersatu membangun dan memelihara usaha persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Tak hanya itu saja, melihat masih banyaknya kekurangan yang harus dibenahi di Bumi Pertiwi, Leon juga sedikit memberi masukan.

"Setelah 77 tahun merdeka, Indonesia harus lebih berperan aktif di kawasan Asia dan dunia internasional," katanya.

"Terkait itu kita masih dianggap telat berkembang, harus disikapi dengan positif. Pemerintah dan warganya bertanggung jawab untuk menjadikan Indonesia maju dan bermanfaat bagi negeri," sambungnya.

Ke depannya, Leon berharap Indonesia bisa semakin mandiri sekaligus makin bisa menunjukkan taringnya di kancah dunia.

Leon Travis memaknai kemerdekaan sebagai persatuan yang harus terus dipelihara.Leon Travis memaknai kemerdekaan sebagai persatuan yang harus terus dipelihara. Foto: dok. Leon Travis

"Indonesia harus bisa meningkatkan independensinya di tengah masyarakat dunia dan bangga berdiri dengan keberagaman yang dimilikinya," ujarnya.

Bicara mengenai harapan untuk karier bermusiknya sendiri, Leon mengungkapkan masih sangat ingin membawa musik country miliknya ke kancah yang lebih tinggi lagi.

Menanggapi musiknya yang masih sangat awam di kalangan masyarakat Indonesia, ia juga berharap ciri khas country kesukaannya bisa semakin merata disukai banyak orang.

"Aku berharap secara konsisten mengeluarkan karya di Tanah Air dan secara internasional. Aku juga akan membawa musik country di Indonesia menjelma menjadi musik yang bisa diterima lebih banyak penikmat musik di Indonesia," pungkasnya.

(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT