ADVERTISEMENT

Perjalanan Bob Tutupoly dan Panggung Musiknya

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 05 Jul 2022 12:21 WIB
Jakarta -

Kabar duka datang dari penyanyi senior, Bob Tutupoly. Bob Tutupoly meninggal karena sakit yang diidapnya.

Diketahui, Bob Tutupoly memang sejak lama telah vakum dari industri musik karena sakit. Kini, perjalanannya telah usai dan ia kembali pada Sang Pencipta.

Jika diingat lagi, Bob Tutupoly adalah penyanyi senior yang luar biasa. Tak hanya piawai bernyanyi, tapi Bob Tutupoly juga pandai dan kerap jadi pembawa acara.

Bob Tutupoly lahir pada 13 November 1939. Ia sangat menyukai musik sejak kecil, lalu mulai belajar bernyanyi saat memasuki usia remaja.

Pada saat Bob Tutupoly duduk di bangku SMA, ia bergabung dengan Kwartet Jazz di RRI Surabaya bersama Didi Patirane. Di sana, ia merekam sejumlah lagu daerah asal Maluku, seperti Mande-mande, Sulie, dan Donci Bagici.

Tak hanya itu, Bob Tutupoly juga sempat bergabung dengan sejumlah grup musik. Termasuk, Band Bhinneka Ria yang kemudian menjuarai festival band di Surabaya dan se-Jawa.

Mereka juga pernah bermain bersama Trip Los Pancos dan merekam sejumlah lagu seperti Oto Bemo, Kopral Jono bersama Jack Lesmana pada 1960.

Lalu pada 1965, Bob Tutupoly bergabung bersama Pattie Bersaudara dan mulai untuk menggarap album. Beberapa lagu seperti Gunung Seribu Janji, Tak Mungkin Kulupa, Tiada Maaf Bagimu, dan Batu Nisan dihasilkan Bob semasa ini.

Perjalanan karier Bob Tutupoly di dunia musik tak hanya sampai situ saja. Ia juga mulai tampil di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan Hong Kong.

Pada 1966 sampai 1969, Bob Tutupoly meraih predikat Penyanyi Kesayangan Siaran ABRI dan golden records karena hasil penjualan piringan hitamnya laris manis.

Sepanjang kariernya di dunia musik, Bob Tutupoly juga memiliki banyak album di antaranya adalah the Best of Bob Tutupoli, Album Nostalgia 2, Album Cinta Nostalgia 2, dan Tembang Kenangan Pop Indonesia.

Atas kiprah di dunia musik tersebut, Bob Tutupoly dianugerahi AMI Legend pada 2015.

Setelah itu Bob Tutupoly mulai jarang tampil di televisi. Ia kemudian memberikan informasi bahwa dirinya saat itu sedang rehat karena sakit.

Pihak keluarganya pun turut memberikan informasi serupa. Kini Bob Tutupoly telah kembali kepada sang Pencipta.

Selamat jalan, Bob Tutupoly.

(pig/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT