Sering Dihujat, Perjalanan Karier Tri Suaka Nggak Gampang

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 13 Jun 2022 12:46 WIB
Tri Suaka
Foto: Pingkan/detikcom
Jakarta -

Penyanyi asal Jogja, Tri Suaka kerap dikaitkan dengan kasus somasi dan kontroversi. Ia belakangan ini menjadi pusat perhatian publik karena mendapat somasi dari Dirga Dadali.

Detikcom kemudian berkesempatan untuk mengobrol dengan Tri Suaka. Penyanyi kelahiran 1993 itu sempat menceritakan salah satu kegiatannya dalam mencari uang.

Tri Suaka rupanya adalah pengamen di salah satu angkringan di kawasan Alun-Alun Jogjakarta. Ia mengamen bersama empat orang temannya.

Penghasilan Tri Suaka tidak banyak, namun ia merasa cukup untuk sekedar membeli bensin saja.

"Saya mulai ngamen 2018, macem-macem orang ngamen itu," ujar Tri Suaka, di Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Istilahnya kalau mau cari duit rokok sama bensin, ya ngamen gitu," lanjutnya.

Tri Suaka mengaku telah mendapatkan uang hasil ngamennya sebanyak Rp 60 ribu dalam satu malam. Kadang, ia mendapat sampai Rp 100 ribu sampai Rp 120 ribu.

Meski begitu, uang tersebut dibagi dengan empat orang karena Tri Suaka ngamen tidak sendirian.

Jika dibagi dengan tiga orang lainnya, maka pendapatan Tri Suaka setiap malam seusai ngamen Rp 15 ribu. Baginya, uang itu cukup untuk membeli bensin.

"Dapet dulu Rp 60 ribu semalam. Bagi aja Rp 60 ribu bagi empat. Masing-masing Rp 15 ribu kan lumayan kan?" tutur Tri Suaka.

"Kadang ya Rp 100 ribu, kadang ya Rp 120 ribu, ya macem-macem. Ya karena kita jalaninnya enjoy ya fine fine aja," lanjutnya.

Diketahui, nama Tri Suaka mencuat ke publik karena videonya di YouTube. Ia kini banyak memiliki penggemar apalagi kerap menyanyikan lagu daerah Jawa.

Tri Suaka pun kini sering dilibatkan beberapa kasus. Mulai dari dugaan pelanggaran hak cipta sampai penghinaan.

Tri Suaka memang banyak mengcover lagu-lagu milik musisi lain. Karena hal itu Tri Suaka sering disebut melanggar hak cipta karena diduga belum meminta izin.



Simak Video "Tri Suaka Disomasi Dirga Dadali Terkait Royalti Cover Lagu "
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)