ADVERTISEMENT

Grammy Awards Tambah Kategori Penghargaan, Apa Saja?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 11 Jun 2022 10:20 WIB
Jakarta -

Akan ada perubahan dalam penghargaan Grammy tahun depan. Komite memutuskan untuk menambahkan beberapa kategori penghargaan.

Ada lima kategori baru yang ditambahkan oleh Recording Academy. Hal itu ditujukan untuk memberikan penghargaan lebih dan apresiasi maksimal buat para komposer musik.

Pada Kamis (9/6/2022) waktu setempat, Recording Academy mengumumkan kategori baru yakni non-classical songwriter. Kategori itu dikhususkan untuk mereka yang paling menonjol sebagai penulis lagu, namun bukan sebagai produser dan penampil.

Recording Academy memastikan bahwa kategori itu menggunakan pendekatan berbeda dari kategori Song of The Year. Seperti diketahui, kategori itu juga memberikan penghargaan kepada para penulis lagu termasuk lirik dan melodi dalam lagunya.

"Kategori baru ini benar-benar untuk seorang ahli dalam penulisan lagu," kata CEO Recording Academy, Harvey Mason Jr, kepada The Associated Press.

Untuk bisa diikutsertakan dalam kategori ini, penulis lagu harus paling tidak punya lima lagu yang mereka tulis sendiri atau bersama orang lain, tanpa ikut terjun dalam proses produksi lainnya dari lagu tersebut. Recording Academy menggarisbawahi bahwa kategori itu khusus mereka yang membuat lagu untuk orang lain dan hanya membuat lagu saja.

Empat kategori lain yang baru di Grammy Awards antara lain Best Spoken Word Poetry Album, Alternative Music Performance, Americana Music Performance, dan Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media. Yang terakhir, tentunya akan disambut meriah oleh para pecinta game dari seluruh dunia mengingat ada banyak game yang menghadirkan musik fantastis.

Dengan penambahan kategori baru ini, Recording Academy ingin membuat perubahan besar. Selain itu, mereka juga akan menciptakan sebuah penghargaan khusus yang berfokus pada lagu-lagu yang menciptakan perubahan. Buat penghargaan yang satu ini, mereka akan menilai dari konten lirik lagu tersebut dan hal-hal yang disuarakan.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT