ADVERTISEMENT

Tri Suaka Nyanyikan Lagu Dadali Tanpa Izin, Terancam Disomasi Lagi

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 09 Jun 2022 15:48 WIB
Tri Suaka luncurkan single baru.
Foto: ist.
Jakarta -

Penyanyi Tri Suaka kembali terjerat masalah lagi. Kali ini Tri Suaka akan disomasi oleh grup band Dadali.

Somasi itu dilayangkan karena Tri Suaka diduga menyanyikan lagu Dadali bertajuk Di Saat Aku Tersakiti tanpa izin.

Karena hal ini Tri Suaka diduga melanggar Undang Undang Hak Cipta. Sang vokalis Dadali, Dirga dan kuasa hukumnya, Genuari Waruwu pun angkat bicara.

"Somasi yang akan kita lakukan ini jelas terkait tentang pelanggaran dari hak cipta, hak eksklusif, dan di sini pun Tri Suaka harus membayar dari perform track yang sudah dilakukannya," ujar Genuari, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dirga mengaku tak tahu ketika Tri Suaka membawakan lagunya di sebuah acara. Ia sangat terkejut karena lagunya dinyanyikan tanpa izin.

Saat diselidiki, Tri Suaka menyanyikan lagu itu di dua tempat yang berbeda. Hal itu diketahui dari salah satu akun YouTube yang mengunggah video tersebut.

"Nah ketika lihat di YouTube itu dinyanyiin di acara launching gitu. Di daerah Lamongan, ada dua ya (video) yang satu ini di Jogja," lanjut Genuari.

Terkait dengan hal ini, Genuari menegaskan bahwa Dirga merasa dirugikan. Tri Suaka juga dituding melanggar hukum karena tak meminta izin menyanyikan lagu milik Dadali.

"Di-cover-nya lagu ini klien kami, Dirga merasa dirugikan. Seenaknya aja Tri Suaka ini tidak memberi penjelasan bahwa dengan mengcover lagu ini tanpa izin pemegang hak cipta itu melanggar hukum," tegas Genuari.

Terkait dengan hal itu, Dirga meminta agar Tri Suaka meminta maaf kepadanya dan membahas perihal royalti yang ada. Pesan itu disertakan melalui somasi yang akan mereka kirim.

Somasi ini diberi batas waktu selama satu minggu saja. Jika Tri Suaka tak memberikan jawaban atau itikad baik maka Dirga akan melanjutkan permasalahan ini ke jalur hukum.

"Yang perlu disampaikan adalah menyampaikan secara tegas kepada Tri Suaka untuk segera mungkin meminta maaf kepada grup band Dadali khususnya kepada Kang Dirga ya terhadap kerugian ya dari hasil yang sudah didapatkan. Kemudian segera dibicarakan ya," jelas Genuari.

"Kami memberikan waktu selama satu minggu. Kalau memang ditanggapi berarti kami nggak akan ke jalur hukum. Karena kami berpikir bahwa hukum itu adalah langkah terakhir gitu ya," tegas Genuari.

Terkait dengan hal ini, pihak Tri Suaka belum angkat bicara memberikan klarifikasinya.



Simak Video "Tri Suaka Disomasi Dirga Dadali Terkait Royalti Cover Lagu "
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT