Dnanda Fokus Berkarya, Ingin Segera Punya Album

Mauludi Rismoyo - detikHot
Sabtu, 21 Mei 2022 14:38 WIB
dnanda
Dnanda Fokus Berkarya, Nikmati Disebut Penyanyi Gabungan Once-Chrisye. (Foto: dok instagram)
Jakarta -

Dnanda Anugerah telah membuktikan diri dengan membangun kiprah bermusik usai Indonesian Idol melalui dua single andalan, yakni Tak Sekadar Cinta dan Salah Memilih. Namun rupanya, hal itu tidak membuat dirinya terlepas dari bayang-bayang lama.

Penyanyi yang kini berada di bawah naungan Dua Anak Deo (DAD) milik Judika dan Sony Music itu masih dihantui sebuah image gabungan antara penyanyi kawakan Once dan mendiang Chrisye sejak awal mula kemunculannya di ajang pencarian bakat bernyanyi tersebut.

Dnanda diketahui memang memiliki karakter suara yang kurang lebih serupa dengan Once dan mendiang Chrisye, ditambah lagi ia berfokus pada genre pop rock. Hal itu pula yang menjadi penyebab dirinya kerap disandingkan dengan keduanya.

Menanggapi hal tersebut, Dnanda yang mulanya menyangkal kini perlahan mulai tak ambil pusing. Ia juga membiasakan diri dengan komentar-komentar serupa.

Ia menganggap ucapan semacam itu sebagai doa olehnya. Dnanda pun lebih memfokuskan diri untuk bisa menciptakan karya-karya baru yang lebih baik lagi.

"Dulu memang agak mengganjal dengarnya, dibilang beban nggak juga, Mas Once jalani karier sebagai Once. Aku dibilang ngefans ke Mas Once ngefans banget, dia juga ngefans ke Chrisye sama kayak aku. Soal timbre suara aku dikasih suara kayak gitu, ya makanya aku fokus di karya saja. Aku anggap itu doa aja," ujarnya saat ditemui di Aloft Hotel, Jakarta Selatan.

"Sejauh ini sih aku nikmatin saja prosesnya, nggak ada masalah sih orang bilang mirip Once ataupun Chrisye. Aku berdoa bisa sesukses mereka," sambungnya.

Saat ditanya mengenai awal karier di dunia tarik suara, finalis Indonesian Idol Special Season 2021 itu mengaku mengalami kesulitan dan jalan yang berliku-liku. Sebelum akhirnya memutuskan ikut ajang itu, Dnanda diketahui telah memulai karier di tahun 2018 dengan membuat video cover bernyanyi di YouTube serta kerap manggung offline di berbagai kesempatan yang dimiliki.

"Proses awal memang nekat di industri itu 2018, aku cover pendek masukin YouTube, ya kalau dibilang mulus nggak juga. Aku pernah rasain manggung di hotel atau mal dibayar cuman Rp 100 ribu, memang ada step yang harus dijalani. Aku nggak mau juga ketika dapat, tapi kesiapan mental nggak siap," tuturnya.

"Sebelum Idol yang tahun special season aku ditawarin di tahun sebelumnya, saat itu aku ngerasa soal mental nggak siap jadi aku manggung di luar dulu. Ketika aku memutuskan untuk ikut di special season, aku ngerasa sudah siap untuk di industri. Jadi ketika diajakin, aku sudah siap," lanjutnya.

Hingga kini Dnanda sendiri masih menyiapkan diri untuk merilis karya-karya terbarunya lagi. Ia beserta timnya bahkan dikabarkan tengah menyiapkan sebuah kejutan dengan merilis mini album.

"Kalau musisi ditanya perlu nggak album, ya itu adalah pencapaian. Aku ada obrolan untuk mini album dulu, tapi belum tahu karena masih banyak diskusi. Materi sudah siap sih. Untuk lagu sudah cukup ada bank lagu, tapi tergantung label," katanya.

(mau/aay)