Pawang Hujan dan Warna-warni Balkonjazz Festival 2022

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 15 Mei 2022 15:34 WIB
Balkonjazz Festival 2022
Balkonjazz Festival 2022. Foto: Raissa Anggiani (dok. Prih Prawesti/detikcom)
Jakarta -

Kala gelaran Balkonjazz Festival 2022 berlangsung, hujan datang saat penonton mulai 'panas'. Meski tidak terlalu deras, tapi hujan yang turun bikin penonton yang hadir pada saat itu langsung gerak cepat mencari payung dan jas hujan.

Inilah beberapa warna-warna di Balkonjazz Festival 2022 yang digelar di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah tersebut:

1. Pawang Hujan

Menggelar acara festival seperti itu, panitia tentu sudah antisipasi dengan segala macam kondisi. Salah satu yang diantisipasi adalah kondisi hujan yang sudah pasti dipikirkan panitia.

Pawang hujan yang pernah geger saat gelaran motogp di Mandalika tersebut kali ini juga ada di Balkonjazz Festival 2022. Founder sekaligus promotor Balkonjazz Festival 2022, Bakkar Wibowo sempat cemas saat guyuran hujan datang.

Bakkar Wibowo mengatakan memang menggunakan jasa pawang hujan dalam gelaran Balkonjazz Festival 2022.

"Alhamdulillah sudah berkurang hujannya," kata Bakkar Wibowo saat ditemui di Magelang, Jawa Tengah.

Setelah beberapa saat hujan mengguyur lokasi Balkonjazz Festival 2022, Bakkar Wibowo sedikit lega karena cuaca disana tidak terlalu panas dan pengap.

"Nah ini nih, anginnya sudah datang, setelah guntur. Alhamdulillah," sambung Bakkar.


2. Warga Lokal Turut Serta

Gelaran Balkonjazz Festival 2022 ini turut mengajak warga lokal untuk menjadi bagian dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut, ada beberapa warung dengan jajanan kekinian dan jajanan lokal yang semuanya digelar oleh warga.

Pihak Balkonjazz memang mengatakan ingin merangkul warga lokal untuk turut serta dalam gelaran ini.


3. Ojek Warga

Salah satu yang menjadi salah satu daya tarik di sana juga adalah OW yang disebut Ojek Warga. Pihak promotor, Bakkar Wibowo mengatakan mengajak 70 warga untuk menjadi bagian dari Ojek Warga tersebut.

"Jadi kita berdayakan juga nih warga yang punya motor untuk menjadi ojek warga, semua tarifnya Rp 10 ribu untuk sampai ke tempat acara. Karena kita tahu kalau misal semuanya pakai mobil kan takutnya nggak muat, jadi dari jarak berapa meter sudah parkir dan nanti ada kantung-kantung ojek warga itu yang siap mengantarkan penonton sampai ke lokasi," jelas Bakkar.


4. Festival Pertama di Magelang saat Pandemi

Dengan kehadiran Balkonjazz Festival 2022, membuat banyak orang yang berhasil mengobati rasa rindunya menyaksikan konser secara langsung.

Saat Pandemi melanda, konser adalah bagian yang paling berulang kali dibahas. Bagaimana menciptakan konser dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Ya ini festival pertama di Magelang setelah dua tahun Pandemi ya dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan responsnya luar biasa dari semuanya. Saya juga mau berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu," kata Bakkar Wibowo.


5. Tiket Ludes

Panitia menyediakan tiket sebanyak 1.500 dan saat tiket tersebut diumumkan, semua masyarakat langsung menyerbunya. Tiket dibanderol mulai Rp 300 ribu sudah bisa mendapatkan air mineral dan kebab saat masuk ke dalam area konser.


6. Tiket Berbayar

Ini tahun Balkonjazz Festival dengan tiket berbayar. Sebelumnya di 2019, pihak Balkonjazz tidak pernah memungut biaya.

"Awalnya konsep Balkonjazz 2022 ini memang gratis seperti 2019. Tapi setelah berdiskusi dengan Satgas COVID-19 setempat, demi meminimalisir hal yang tidak diinginkan maka dapat saran agar ini dibuat harga tiketnya," ungkap Bakkar Wibowo saat ditemui di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


7. Beri Ruang Musisi Lokal

Tentu di setiap festival ada penampil yang ditunggu-tunggu. Tapi di Balkonjazz Festival 2022 panitia juga memberikan ruang untuk penyanyi lokal.

Megantoro menjadi salah satu musisi lokal asal Yogyakarta yang hadir dalam gelaran tersebut. Ia mengaku senang bisa tampil di Balkonjazz Festival 2022.



Simak Video "Sorak Sorai NCTzen Kala NCT Dream Bawakan 'Glitch Mode'"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dal)