Jane Callista Juara Kompetisi Nyanyi Internasional hingga Masuk Koran Italia

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 12 Mei 2022 20:30 WIB
jane callista
Jane Callista Juara Kompetisi Nyanyi Internasional hingga Masuk Koran Italia. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Penyanyi muda Jane Callista tak berhenti cetak sejarah dengan membawa nama Indonesia. Kali ini, gadis kelahiran 1 Januari 2008 itu memenangkan kompetisi bernyanyi internasional lainnya yang bertajuk Sanremo Junior World Finals ke-13 di Italia.

Dihelat langsung oleh Unicef dan bertempat di Teatro Ariston, Sanremo, Italia, acara tahunan itu berlangsung mulai 1-8 Mei 2022. Ajangnya melibatkan ribuan peserta meliputi 20 negara dari 3 benua.

Jane berhasil memenangkan kejuaraan gelar tertinggi juara dunia World Grand Prix Championship 2022 dengan suara emasnya. Dan ia juga mendapat gelar lain bertajuk 1st Winner Alice Artemis Vigano Award 2022.

"Indonesia Juara! Sangat bersyukur atas pencapaian ini sebagai Juara Dunia World Grand Prix Winner of Sanremo Junior 2022, dan juga Juara 1 Alice Artemis Vigano Award di Teatro Ariston, Sanremo- Italia," tulis Jane Callista melalui akun Instagram resminya @janecallista dan akun Instagram Kedutaan Besar RI di Roma @indonesiainrome.

Kemenangannya dalam event internasional tersebut rupanya menarik perhatian dari sang presiden dewan juri yakni Franco Fasano. Dia memuji suara emas Jane.

Dilansir dari salah satu koran nasional Italia La Stampa, Franco menilai Jane memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan suara yang juga menakjubkan. Apalagi melihat dari sisi Jane yang masih sangat muda.

"Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. Sanremo Junior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik. Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaris Judy Garland. Meskipun usianya masih muda, tapi dia penuh percaya diri," tutur presiden juri Franco Fasano seperti dikutip pada koran nasional berbahasa Italia tersebut.

Jane Callista menang kompetisi menyanyi di Italia.Jane Callista menang kompetisi menyanyi di Italia. Foto: dokumen pribadi

Meski telah sering memenangkan kejuaraan internasional lainnya, namun bagi Jane, kejuaraan di Italia itu tetaplah berkesan. Sebab dirinya kembali bisa merasakan panggung sesungguhnya dan dapat berinteraksi juga melihat antusiasme penonton secara langsung.

Apalagi ditambah dengan dirinya yang juga diiringi oleh orkestra profesional Sanremo Symphony Orchestra dengan konduktor handal Maestro Alessandro Scaglione.

"Kalau kompetisi online memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena tidak langsung berhadapan dengan penonton. Berbeda dengan di kompetisi offline yang bisa berinteraksi dan melihat langsung reaksi penontonnya. Penonton Italia luar biasa sangat antusias, dan ikut bertepuk tangan serta memberi applause yang sangat meriah sambil meneriakkan kata-kata Bravo, Brava, Bravissima saat aku selesai menyanyi," ujar Jane.

Dalam acara final tersebut, dirinya yang juga membawa Bendera Merah Putih usai dinobatkan sebagai pemenang pun turut berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepadanya. Terlebih lagi kepada Kedutaan Besar RI di Roma, Italia, yang telah membantu banyak selama dirinya ada di sana.

"Terima kasih juga untuk Kedutaan Besar RI di Roma, Italia. Saya sangat tersanjung dan terhormat atas doa dan dukungan yang diberikan," ujar Jane Callista sembari menutup wawancara jarak jauhnya.

(mau/aay)