Muhammad Reza Maulana Si Juara MTQ Rambah Musik Religi Demi Sebuah Misi

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 07 Apr 2022 21:26 WIB
muhammad reza maulana
Muhammad Reza Maulana Si Juara MTQ Rambah Musik Religi Demi Sebuah Misi. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Satu lagi sosok penyanyi religi yang ramai di media sosial ialah Muhammad Reza Maulana. Latar belakangnya pun menjadi sorotan banyak orang.

Muhammad Reza Maulana merupakan peraih juara 1 MTQ tingkat nasional. Kini ia tidak hanya berfokus memperdalam ilmu tilawah Al-Qur'an saja.

Reza yang mendapat predikat juara MTQ tingkat nasional tahun 2020 itu tengah meningkatkan bidang tarik suara. Ia fokus mengambil genre religi.

Tak tanggung-tanggung, hafiz Qur'an satu ini bahkan telah merilis dua single religi sekaligus yang berjudul Allahul Kafi dan Yang Maha Sempurna.

Cukup totalitas dengan bidang baru yang ditekuninya, Reza juga telah menggandeng penyanyi cilik untuk berduet dalam tembangnya yang berjudul Yang Maha Sempurna.

Dengan membuat lagu bernuansa islami, ia meyakini bahwa cara tersebut merupakan salah satu sarana dakwahnya yang baru. Lebih jauh lagi, ia merasa bahwa lagu religinya bisa menjadi salah satu pengingat akan kebesaran Allah Yang Maha Kuasa.

"Saya berharap lagu-lagu religi saya dapat menambah opsi bagi para pecinta musik Indonesia. Selain itu, memberi warna baru dalam industri musik kita. Semoga masyarakat menyukainya," ujar Reza.

Muhammad Reza Maulana lalu bercerita soal kehidupan pribadi dan latar belakangnya yang jadi sorotan. Ia mengaku sejak usia 7 tahun sudah sering mendengarkan rekaman lantunan ayat suci Al-Qur'an yang diputar di masjid dekat rumahnya.

Dari situ, Reza ditawarkan oleh orang tuanya untuk belajar memperdalam ilmu Al-Qur'an, khususnya bidang Tilawah. Ia pun menyetujui tawaran ayah dan ibunya tersebut.

"Saya belajar Tilawah Al-Qur'an setiap hari minggu ketika libur sekolah. Dan Alhamdulillah, berkah dari situ. Pada saat saya kelas 3 SD sudah mulai ada yg mengundang untuk mengisi acara acara-acara islami," tutur pria kelahiran Bogor ini.

Lalu Reza meminta kepada orang tuanya untuk menyekolahkan di Pondok Pesantren. Disetujui, ia mondok di Al-Itqon Bogor.

"Dalam satu tahun saya diperintahkan oleh kiai saya untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Kabupaten Bogor. Alhamdulillah qodarullaah, pada saat itu saya menjadi juara 1 tingkat Kabupaten Bogor. Dan berlanjut ke MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Bogor. Atas izin Allah, menjadi Juara 1 di tingkat Provinsi Jawa barat," kata Reza.

Ketika mendapat juara pertama, Muhammad Reza Maulana sempat mendapatkan hadiah tiket ibadah haji. Ia lalu memberi kado itu untuk kedua orang tuanya sebagai tanda terima kasih atas segala ajaran yang diberikan.

Sampai puncaknya, Reza mengikuti lomba MTQ tingkat nasional tahun 2020 dan berhasil menggondol juara satu lagi. Ia mengaku kini tengah menunggu lomba MTQ tingkat internasional mewakili Indonesia.

(mau/aay)