Benarkah Tony Bennett Musisi Tertua yang Masuk Grammy Awards?

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Sabtu, 02 Apr 2022 07:05 WIB
Lukisan Tony Bennett
Tony Bennett kala berpose di depan lukisannya. Dok. Reuters
Jakarta -

Musisi senior asal Amerika Serikat, Tony Bennett telah memutuskan untuk pensiun setelah 70 tahun berkarir di industri hiburan. Sebelum pensiun, merilis album terakhirnya bersama Lady Gaga yang berjudul Love for Sale dan masuk dalam nominas Grammy Awards 2022. Bahkan salah satu lagunya juga masuk di Record Of The Year pada penghargaan Grammy Awards ke-64 itu.

Anthony Dominick Benedetto atau biasa dikenal juga dengan nama Tony Bennett ini merupakan seorang penyanyi pop dan jazz asal Amerika. Pria berusia 95 tahun itu merilis album terakhirnya, Love For Sale pada bulan Agustus tahun lalu. Melalui albumnya itu, Bennett berhasil memecahkan rekor dunia sebagai orang tertua yang masuk dalam nominasi umum di ajang tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Guinness World Record pada Minggu, 17 Agustus 2021. Sepanjang karir Bennett dalam 70 tahun terakhir, ia juga telah memperoleh empat penghargaan dari Guinness World Record. Pertama, saat ia terdaftar sebagai orang tertua yang menduduki posisi pertama dalam tangga album Amerika Serikat melalui albumnya, Cheek to Cheek.

Kedua, Bennett berhasil menjadi salah satu musisi yang bertahan dalam daftar UK Top 20 Album selama 39 tahun. Ketiga, ia diberikan predikat sebagai orang tertua yang masuk ke dalam daftar UK Top 20 Album melalui lagu Duets: An American Classic ketika berusia 80 tahun.

Keempat, ia mendapatkan penghargaan sebagai musisi dengan rentang waktu terlama atas perilisan rekaman asli dan rekaman ulang dari beberapa single miliknya.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, keluarga Bennett sempat mengungkapkan bahwa pemenang penghargaan Grammy sebanyak 19 kali itu telah didiagnosis menderita demensia sejak tahun 2016. Anak Bennett menjelaskan, keputusan pensiunnya itu merupakan anjuran dari pihak dokter. Namun, hal tersebut dilakukan demi menghindari peristiwa kecelakaan tak terduga di atas panggung.

Berdasarkan laporan yang didapatkan dari AARP The Magazine, kini Bennett juga terlihat jarang berbicara. Ketika melakukannya, tiba-tiba kata yang dilontarkannya justru terhenti dan ia terlihat kebingungan. Meski demikian, ia masih diberi kesempatan untuk masuk dalam nominasi Grammy Awards 2022 melalui lagunya I Get A Kick Out Of You bersama Lady Gaga.

Namun Tony Bennet bukanlah musisi tertua yang pernah masuk dalam nominasi Grammy Awards karena pada 2011 ada Pinetop Perkins yang meraih gelar tersebut usai berhasil masuk dalam nominasi dan memenangkan piala di kategori Traditional Blues Album lewat karyanya bertajuk Joined at The Hip.



Simak Video "Lady Gaga Ditawari Peran Harley Quinn di 'Joker 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)