Indra Kenz Tersangka, KPK Turunkan Lagu Kolaborasinya

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 16 Mar 2022 11:23 WIB
Jakarta -

KPK dan Indra Kenz diketahui sempat membuat lagu berjudul Lihat, Lawan, Laporkan pada tahun lalu. Berdasarkan video yang dilihat detikcom, Selasa (15/3/2022), di channel YouTube KPK RI, Indra Kenz terlihat mengenakan kaus berwarna putih. Dalam lagu ini, Indra Kenz bernyanyi bersama grup Indomusikgram.

Video kolaborasi berdurasi 38 detik itu diunggah KPK pada 5 Agustus 2021. Lagu kolaborasi tersebut mengajak masyarakat melapor bila ada temuan transaksi suap, gratifikasi, hingga tindak pidana korupsi lainnya.

Dalam video itu, terlihat sosok Indra Kenz menjadi salah satu bintang video klip. Ada juga sosok pacar Indra Kenz, Vanessa Khong, dalam video itu.

Sementara itu, channel YouTube Indra Kenz, yakni Indra Kesuma, mengunggah proses pembuatan lagu ini. Video berdurasi 17.54 menit itu diunggah pada 13 Agustus 2021.

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menduga KPK saat itu mengajak Indra Kenz berkolaborasi membuat lagu lantaran memiliki banyak pengikut di media sosial. Dia meminta KPK segera menghapus video kolaborasi tersebut lantaran Indra Kenz sedang berkasus di Bareskrim Polri.

"Mungkin kolaborasi tersebut dilakukan terkait status Indra Kenz yang punya pengikut banyak di media sosial, bukan karena hal-hal lain. Namun demikian, karena Indra Kenz sudah menjadi tersangka maka video tersebut dihapus saja," ucapnya.

Akhirnya, KPK memutuskan untuk menghentikan publikasi atau take down lagu kerja sama dengan Indra Kenz. Lantaran Indra Kenz sedang diproses hukum.

(dar/dar)