ADVERTISEMENT

Iwan Fals Jelaskan Makna Sebenarnya di Balik Lagu Bento

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 27 Jan 2022 09:46 WIB
Iwan Fals
Foto: Dicky Ardian
Jakarta -

Lagu Bento milik musisi legendaris, Iwan Fals, sangat ikonik di telinga masyarakat. Tak sedikit orang-orang dari berbagai kalangan menyanyikan lagu tersebut.

Bahkan ketika mendengar lagu Bento sontak orang-orang akan bernyanyi dan teringat dengan sosok Iwan Fals.

Lagu Bento sering disebut sebuah kritik pedas Iwan Fals kepada pemerintahan yang ada saat itu. Ia menggambarkan sosok Bento yang kaya raya dan punya segalanya.

Padahal, lagu itu merupakan pandangan Iwan Fals terhadap sebuah strata sosial yang kala itu mengusik pikirannya.

"Waktu itu lagi ramai tentang pembangunan real estate yang jadi impian semua keluarga muda. Sampai akhirnya mereka berani menghalalkan segala cara," ujar Iwan Fals, mengingatkan kembali cerita Bento, saat jumpa pers virtual, baru-baru ini.

Proses pembuatan lagu Bento bagi Iwan Fals tidak sulit. Bagaimana tidak, lagu Bento tercipta begitu saja saat Iwan Fals melihat fenomena itu sendiri dalam kesehariannya dulu.

Ia juga menyebut beberapa nama sebelum tercetus lah Bento sebagai judul dan tokoh dalam lagunya.

"Akhirnya nulis lagu dan jadi begitu saja. Awalnya kami coba sebut nama orang yang beda-beda, tapi ternyata yang nempel Bento," lanjut Iwan Fals.

Uniknya, pada project ini Iwan Fals juga seakan berkaca pada dirinya. Ia sangat takut ketika nantinya berada pada strata sosial yang tinggi dan lupa akan segalanya.

Iwan Fals justru sangat takut jika akan menjadi jahat.

"Dalam membuat lagu, fenomena sosial memang punya pengaruh besar. Tapi lagu ini lebih soal berkaca dalam diri, membayangkan apa yang bakal saya katakan kalau diri saya jadi jahat," katanya santai.

Diketahui, lagu Bento resmi dirilis Iwan Fals pada 1995. Singel itu langsung meledak di pasaran dan tentunya hingga sekarang.



Simak Video "Bernostalgia di Konser Iwan Fals"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT